SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Wondama menunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak musibah banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bupati Teluk Wondama, Drs. Bernadus A. Imburi, M.Si., melalui Sekda Kabupaten Teluk Wondama, Denny Simbar, S.E., kepada wartawan usai menyerahkan bantuan, Sabtu (23/3/2019) sore pekan lalu mengungkapkan, bantuan ini yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura yang terkena dampak banjir bandang itu sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Wondama untuk meringankan beban masyarakat.

Lanjut Sekda Denny Simbar mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Teluk Wondama menyerahkan bantuan sebesar Rp 100 juta serta bahan makanan. Dan, memang bencana banjir bandang ini menjadi perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama. Sebab, musibah banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jayapura ini pernah dirasakan oleh masyarakat Kabupatenn Teluk Wondama pada tahun 2010 lalu.

“Jadi, kami dari pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Teluk Wondama merasa sangat peduli terhadap bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jayapura. Karena masyarakat Kabupaten Teluk Wondama sudah terlebih dahulu merasakan bencana tersebut. Dimana, pada tahun 2010 lalu disana pernah terjadi juga banjir bandang yang hampir sama,” ujar Denny Simbar kepada wartawan usai menyerahkan bantuan, Sabtu (23/3/2019), di Posko Induk Tanggap Darurat Banjir Bandang, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani.

Bantuan dari Pemkab Teluk Wondama ini merupakan hasil bantuan dari pemerintah daerah dan masyarakat maupun instansi atau lembaga yang ada di Kabupaten Teluk Wondama Yang diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Teluk Wondama, Denny Simbar, S.E., kepada Ketua Tim Tanggap Darurat Banjir Bandang Sentani yang juga Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si.

Denny Simbar menyampaikan, giat penggalangan bantuan masih berlangsung hingga saat ini. Menurut pria yang pernah juga menjabat sebagai Asisten II Setda Kabupaten Jayapura tersebut, pihaknya mengajak masyarakat diseluruh Tanah Papua untuk peduli terhadap sesama.

“Oleh karena itu, secara spontanitas kami memberikan bantuan sebagai wujud kepedulian kepada korban banjir bandang di Sentani. Yang baru bisa kami serahkan sekarang ini dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 100 juta, dan ada juga yang berbentuk sembako,” paparnya.

“Kemudian proses dan aksi-aksi kepedulian (penggalangan dana) disana masih berjalan. Mudah-mudahkan dalam tahap berikutnya juga masih ada yang bisa kita berikan kepada korban banjir bandang di Sentani,” sambung Denny Simbar.

Selain bantuan dari Pemkab Teluk Wondama, kata Denny Simbar, juga ada bantuan dari TP-PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Teluk Wondama.

“Kami juga tadi menyerahkan bantuan dari PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Teluk Wondama. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi korban terdampak banjir bandang guna meringankan beban masyarakat Kabupaten Jayapura yang dilanda bencana,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)