Selama Dua Hari, Anjing Pelacak Temukan 15 Jasad Korban Banjir Bandang Sentani

0
244

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Anjing pelacak Detasemen K9 milik Mabes Polri menemukan 15 jenazah korban banjir bandang di berbagai lokasi selama dua hari sejak Selasa (19/3/2019) hingga Rabu (20/3/2019) lalu.

Keputusan Mabes Polri untuk menerjunkan Detasemen K-9 Unit Satwa anjing pelacak guna turut serta membantu pencarian korban yang hilang dalam bencana banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura sangatlah tepat.

Hal ini dibuktikan selama dua hari 15 anjing pelacak yang disebar dalam beberapa tim sudah bisa menemukan 15 korban meninggal akibat musibah tersebut.

13 korban meninggal diantaranya ditemukan pada hari Selasa 19 Maret dan 2 lainnya ditemukan pada hari Rabu 20 Maret 2019.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, bahwa saat ini Detasemen K-9 Unit Satwa Anjing Pelacak itu masih terus bekerja untuk membantu tim gabungan untuk mencari korban yang belum ditemukan.

“Jadi, detasemen K-9 ini tiba di Jayapura sejak Selasa (19/3) lalu. Dan saat ini sudah disebar ke beberapa tim untuk membantu pencarian korban yang hilang” kata Kombes Ahmad Mustofa Kamal di Posko Induk Tanggap Darurat, Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (21/3/2019) kemarin.

Kabid Kamal juga mengungkapkan bahwa total anjing pelacak yang membantu pencarian korban ini ada 15 ekor beberapa diantarannya juga ada dari Polda Papua sendiri.

Dalam siaran pers Bidang Humas Polda Papua yang diterima Harian Pagi Papua, Kamis (21/3/2019) dini hari saat ini Direktorat Kriminal Umum Polda Papua juga turut serta dalam melakukan pencarian korban yang hilang.

Tim ini juga melibatkan satuan K-9 Mabes Polri agar dapat memaksimalkan pencarian Korban di Kampung Kemiri.

Di Kampung Kemiri tersebut telah ditemukan Jenazah Pria Dewasa yang terkubur di dalam lumpur akibat Banjir. Sehingga Tim melakukan penggalian dan mengeluarkan Jenazah tersebut untuk di Evakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara agar dapat di Identifikasikan oleh Tim Inafis dan DVI Polda Papua.

Selain di Kampung Kemiri, Tim yang tergabung dari Personil Polda Papua yaitu dari Dit Reskrimum, Dit Propam, Dit Sabhara dan K9 Mabes Polri. Tim ini juga melakuan pencarian di Lapangan Doyo Adven, Tim Gabungan kembali melakukan penyisiran serta pencarian kembali di sekitar areal tersebut. Sementara dalam pelaksanaan pencarian, Tim masih belum mendapatkan Korban Banjir dikarenakan cuaca pada tempat.

Sehingga KBO Dit Reskrimum Polda Papua memerintahkan kepada seluruh Personil Gabungan untuk menarik pasukan dan konsolidasi guna pelaksanaan yang akan dilaksanakan esok hari lagi. (Irf)

Terkirim dari Samsung Mobile.
[9:09 PM, 3/21/2019] HPP Lintas Irfan: (CAPTION FOTO): General Manager (GM) Horison Hotel Jayapura at Metropolitan Golden Management-Horison Hotels Group, Eddy Soenarno Soerjaningrat, didampingi General Manager @Hom Premiere Abepura, Roy Gabriel secara simbolis menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, di Posko Induk Tanggap Darurat, Lapangan Upacara, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (21/3/2019) kemarin.

Tim Horison Peduli Berikan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Sentani

SENTANI (HPP)- Cuaca ekstrim yang hampir terjadi dibeberapa wilayah Provinsi Papua seperti hujan deras tanpa henti. Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami banjir, salah satunya di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Untuk itulah Horison Hotels Group dibawah naungan Metropolitan Golden Management melalui Tim Horison Peduli yang terdiri dari empat hotel dibawah group Horison yang berada di Papua yakni, Hotel Horison Jayapura, Hotel Horison Ultima Timika, @Hom Premiere Abepura Hotel by Horison dan Horison Express (HoreX) Hotel Sentani memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir bandang tersebut.

Horison Peduli merupakan sebuah gerakan khusus dalam bidang kemanusiaan. Sebelumnya, Horison Peduli pernah melakukan bantuan berupa makanan kepada korban banjir bandang. Dan, pada hari Kamis (21/3/2019) kemarin pagi, Horison Peduli kembali memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh General Manager (GM) Horison Hotel Jayapura at Metropolitan Golden Management-Horison Hotels Group, Eddy Soenarno Soerjaningrat, didampingi General Manager @Hom Premiere Abepura, Roy Gabriel yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, di Posko Induk Tanggap Darurat, Lapangan Upacara, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (21/3/2019) kemarin.

“Bantuan yang diberikan berupa air mineral, bahan makanan dan makanan cepat saji yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi, selama beberapa hari ini semenjak terjadinya bencana banjir bandang ini, baik di hari pertama maupun di hari kedua juga kami dari Tim Horison Peduli sudah memberikan bantuan kepada korban banjir berupa makanan. Kemudian pada hari ini (kemarin) yang kali ketiga, kami kembali datangi berbagai posko pengungsian yang berbeda untuk memberikan bantuan makanan,” ujar GM @Hom Premiere Abepura, Roy Gabriel.

“Dengan pemberian bantuan ini, diharapkan dapat meringankan beban dari masyarakat yang terkena musibah,” tandas Roy Gabriel didampingi General Manager (GM) Horison Hotel Jayapura at Metropolitan Golden Management-Horison Hotels Group, Eddy Soenarno Soerjaningrat, saat dikonfirmasi wartawan di Posko Induk Tanggap Darurat. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here