KPU RI Kam Kerja Apakah ??? : Bawaslu RI Minta KPU Segera Tetapkan Komisioner KPUD di 7 Kabupaten/Kota

0
127
Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar,  menekankan peran penting seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan pemilu 2019. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  – Bawaslu RI meminta kepada KPU RI segera menetapkan komisioner KPUD di tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Papua.

“Kami tengah menekankan KPU bahwa sampai saat ini masih adanya kekosongan komisioner KPUD di 7 kabupaten/kota di Provinsi Papua, untuk segera menetapkan komisioner KPUD tersebut,” kata Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar saat ditemui wartawan usai menghadiri kegiatan Sosialisasi UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di Hotel HoreX Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/3/2019) siang.

Fritz menuturkan, jika hal ini terus dibiarkan dan berlarut-larut seluruh proses dan tahapan Pemilu di 7 kabupaten/kota di Papua tersebut akan sulit dilakukan.

“Kita sudah menekankan kepada KPU. Tapi, kembali lagi itu kepada kewenangan KPU. Termasuk KPU RI untuk segera menetapkan siapa yang akan menjadi komisioner KPU di 7 kabupaten/kota tersebut,” tuturnya

 

Ketujuh kabupaten/kota di Provinsi Papua yang belum ada komisioner KPUD itu adalah Kota dan Kabupaten Jayapura, Waropen, Mamberamo Tengah, Nduga, Jayawijaya dan Boven Digoel.

Fritz juga mengungkapkankan,  bahwa, soal kekosongan Komisioner KPU ini bukan hany terjadi di Papua saja tetapi ada juga beberapa daerah mengalami hal yang sama.

 

“Persoalan kekosongan Komisioner KPU ini bukan hanya terjadi di Provinsi Papua saja. Akan tetapi, juga terjadi di daerah lain seperti di Provinsi Sumatra Utara itu ada di 3 kabupaten/kota dan di Maluku juga ada,” imbuhnya.

 

“Jadi, masih banyak daerah-daerah yang komisionernya belum terbentuk dan itu sudah menjadi perhatian kami dari Bawaslu. Sehingga kami tengah menekankan kepada KPU untuk segera menetapkan komisioner KPU di daerah-daerah tersebut,” tandasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)