Pimpin Apel Malam Renungan Pertobatan, Kapolres Jayapura Minta Pola Pikir dan Pelayanan kepada Masyarakat Dirubah

0
85
Polres Jayapura menggelar apel malam renungan pertobatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apel malam renungan pertobatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Polres Jayapura menggelar apel malam renungan pertobatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apel malam renungan pertobatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si.

 

 

Apel yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Jayapura pada Senin (1/3/2019) malam lalu ini diikuti oleh anggota Polres Jayapura.

 

 

Turut hadir para pejabat utama serta anggota Polres Jayapura, juga menghadirkan para pemuka agama guna mendoakan anggota Polres Jayapura agar dapat merubah sikap dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

 

 

Dalam sambutannya, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK., MH,  M.Si mengingatkan agar personelnya untuk merubah pola pikir atau mindset dan juga tentunya pelayanan terhadap masyarakat.

 

 

“Pada malam ini kita melaksanakan apel secara seremonial pertobatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yang mana, dengan apel ini kita berharap tugas-tugas kita dibidang Kepolisian yang masih dianggap kurang oleh masyarakat dan masih dianggap kurang oleh lingkungan di mana tempat untuk kita mengabdi. Hal ini guna memohon ampun apa yang telah kita buat selama ini, mungkin menyakiti masyarakat atau tidak berkenan dihati masyarakat, kita minta didoakan oleh para pemuka agama,” ujarnya.

 

 

“Kita berharap ada yang bisa berubah di kesatuan kita, terutama merubah pola pikir atau mindset dan juga tentunya pelayanan kita terhadap masyarakat. Kita berkumpul akibat dari evaluasi yang kita terima, bahwa Polda Papua dan khususnya kita yang ada di Polres-polres ini masih di anggap kurang bisa melayani masyarakat secara umum. Tetapi, ini secara umum dan saya yakin rekan yang lain masih ada yang punya hati dan masih punya kepdulian yang tulus kepada masyarakat. Bagi yang lain agar mengintropeksi dirinya, dengan melakukan perubahan pola pikir dan pelayanan kepada masyarakat,” tambah pria yang pernah menjabat Kapolres Mimika tersebut.

 

 

Lanjut AKBP Victor, pada renungan malam pertobatan tersebut juga dibacakan ikrar dan diikuti seluruh peserta apel dengan menyalakan obor dan memadamkan seluruh lampu penerangan.

 

 

Ada 6 poin ikrar yang dibacakan dan isinya memohon ampun atas kesalahan dan dosa-dosa yang di perbuat selama ini.

 

 

“Sehingga nilai kepercayaan masyarakat masih jauh dari harapan. Dimana, sering bertingkah laku kasar, arogan, sombong, angkuh dan suka menakut-nakuti masyarakat, kemudian tidak melindungi, melayani, mengayomi masyarakat, tidak berlaku adil dan pilih kasih, berprilaku yang tidak baik berupa membackingi judi, pungli, backing miras, backing Narkoba dan perbuatan lainnya yang membuat masyarakat marah, mengkonsumsi miras dan mabuk ditengah masyarakat,” ungkapnya.

 

“Serta sering membuat gaduh (keributan) juga memakai narkoba, bandar narkoba yang tidak patut dicontoh, bertingkah laku kasar didalam keluarga dengan cara KDRT, menelantarkan keluarga dan banyak lagi perbuatan-perbuatan lainnya yang tidak terpuji. Sehingga masyarakat marah, benci dan tidak percaya kepada kami,” paparnya.

 

 

“Untuk itu, kami memohon ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa dan maha kuasa, kami berjanji akan sungguh- sungguh merubah sikap prilaku kami yang tidak baik, juga sungguh-sungguh akan melayani masyarakat dengan penuh keikhalasan agar masyarakat yakin dan percaya kepada kami kembali, untuk menjalankan tugas dan pengabdian kami sebagai pelindung, pengayom dan melayani masyarakat dalam menuju Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” sambungnya.

 

 

Apabila tidak menepati janji dan ikrar ini, kata Kapolres Jayapura, “Kami siap untuk mendapatkan hukuman yang setimpal dari perbuatan yang kami lakukan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan pengampunan kepada kami dan kami diberi kemampuan untuk dapat merubah sikap dan perilaku kami saat ini,” ucapnya.

 

Ditambahkannya, tidak hanya di Polres apel secara seremonial pertobatan kepada Tuhan Yang Maha Esa juga dilaksanakan di seluruh jajaran Polsek yang ada di Kabupaten Jayapura dengan dipimpin langsung para Kapolsek serta dihadiri seluruh anggota Polsek jajaran Polres Jayapura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)