Kam Yang Trada KTP – el, Silahkan Datang Ambil Blangko di Dukcapil

0
76
Plt. Kepala Dispendukcapil Kabupaten Jayapura, Edi Susanto., saat diwawancara. (Irfan/ HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, mempersilahkan masyarakat di Kabupaten Jayapura yang mengantongi surat keterangan perekaman kartu tanda penduduk secara elektronik (KTP-el) untuk mengajukan pencetakan fisik KTP-el. Saat ini, blangko KTP-el telah tersedia di dinas tersebut.

 

“Jadi, untuk blangko KTP-el itu sekarang sudah tersedia dan memang beberapa waktu lalu ada kosong. Tapi, mulai hari Senin (11/3) kemarin lalu sudah tersedia. Blangko KTP-el dipastikan tersedia cukup sehingga masyarakat tidak perlu lagi khawatir, ” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadispendukcapil) Kabupaten Jayapura, Edi Susanto,  saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/3/2019) kemarin siang.

Lanjutnya, blangko KTP-el yang telah tersedia ini dengan jumlah kurang lebih sekitar 8 ribu keping. Jika nantinya masyarakat ingin mengganti KTP-el karena didalam KTP-el itu tercantum masa berlakunya sudah habis,  kata Edi Susanto, secara otomatis KTP-el itu tetap berlaku seumur hidup dan tidak perlu diganti.

 

“Kecuali data-data fundamental atau data yang sangat mendasar, katakan seperti awalnya statusnya bujang terus saat ini sudah nikah dan berubah statusnya menjadi kawin itu bisa melakukan permohonan untuk penggantian KTP-el. Karena kalo sudah nikah terus kemudian masih saja tetap pegang KTP-el yang statusnya bujang agar bisa lakukan hal-hal lain itu nanti ada atau bisa kena pasal memberikan keterangan palsu,” kelakar pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura itu sembari tersenyum dihadapan awak media ini.

Untuk itu, dirinya mempersilahkan masyarakat yang sudah melakukan perekaman dan belum mendapatkan fisik KTP-el. Warga dipersilakan datang ke kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura untuk pencetakan KTP-el.

“KTP-el yang telah tersedia ini untuk melayani warga yang betul-betul membutuhkan. Saya persilahkan warga datang ke kantor Capil untuk lakukan perekaman maupun pencetakan KTP-el,” imbuh Edi Susanto diakhir wawancaranya. (Irfan / Koran Harian Papua)