Benhur Tomi Mano Resmi Melantik Frans Pekey Jabat Sekda Kota Jayapura

0
259
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., melantik Drs. Frans Pekey, M. Si., menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kota Jayapura, acara pelantikan berlangsung di Aula Sian soor Kantor Wali Kota, Senin 11 Maret 2019. Tampak saat pengambilan sumpah janji. (Ardiles / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., melantik  DR. Frans Pekey, M. Si., menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kota Jayapura, acara pelantikan berlangsung di Aula Sian soor Kantor Wali Kota, Senin 11 Maret 2019.

Proses penetapan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama Sekretaris Daerah (Sekda) merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

Capton Foto  : Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat memberikan sambutannya.  serta nampak para pimpinan muspida Kota Jayapura yang ikut hadir dalam prosesi pelantikan Sekda Definitif Kota Jayapura.

“Yang mengamanatkan bahwa untuk pengisisan JPT pratama Sekda dilakukan secara terbuka dan kompetitif dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas,” kata Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., saat menyampaiakan sambutannya.

Dikatakan, jabatan Sekda memiliki peran sangat penting, karena Sekda berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

“Oleh karena itu, dengan fungsi yang demikian maka Sekda sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi Pemerintah Daerah. Citra Pemerintah Kota Jayapura sangat ditentukan oleh Sekda dalam pelaksanaan tugasnya,” ujarnya.

Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) ia meminta kepada Sekda yang baru diambil sumpah janji jabatan agar dapat menghayati peran dan fungsinya tersebut.

“Sehingga dalam melaksanakan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organisasi Pemerintah Kota Jayapura,” kata BTM sapaan akrabnya.

Ditambahkan, dalam melaksanakan tugas yang baru sambung BTM, dapat memperhatikan beberapa hal yakni, tingkatkan disiplin ASN, kembangkan sistem penyusunan anggran yang berbasis kinerja dengan menggunakan pola bottom-up, serta bangun kinerja yang baik dengan mitra kerja.

Sekedar diketahui, pelantikan Drs. Frans Pekey, M. Si sebagai Sekda Kota Jayapura menggantikan, DR. R. D Siahaya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua, DPRD kota Jayapura, Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Lantamal X Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Pimpinan OPD Kota Jayapura.

Pelatikan dihadiri Forkopimda kota Jayapura, Wakil Wali Kota, Tokoh LMA Port Numbay, anggota DPRD, Pimpian OPD, pimpinan BUMD, BUMN, Ketua PKK, Ketua Bhayangkari Kota Jayapura, kepala sekolah dan Puskesmas se-Kota Jayapura serta tamu undangan dan kerabat Keluarga.

“Hari ini Pemerintah Kota Jayapura telah memiliki sekda yang baru, saya percayakan kepada Dr. Frans Pekey, M.Si untuk menjabat sebagai sekda kota Jayapura, saya harapkan mempunyai harapan-harapan baru,”kata Wali Kota saat memberikan arahannya.

Caption Foto : DR. Frans Pekey. M.Si., saat diambil sumpah janji sebagai Sekretaris Daerah Definitif di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Senin, 11 Maret 2019. (Foto Humas Kota Jayapura)

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, Sekda yang baru dapat menempatkan diri dan menjalankan tugasnya dengan baik dan memahami seluruh peraturan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahaan. Selain itu, Sekda diharapkan tetap melakukan kordinasi dengan Sekwan, juga mengawasi Administrasi Keuangan dengan baik.

“Pak Sekda dalam menjalankan tugasnya saya minta kuasai semua aturan-aturan, saya percaya anda memulai karirnya dari bawah,  dan telah menjabat kepala bagian, kepala dinas, ketua Bappeda, jadi asisten, pengalaman kerja di kota ini sudah mapan,”ungkap Wali Kota.

Caption Foto : Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat memberikan sambutannya. (Humas Kota Jayapura)

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Benhur Tomi Mano  juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ramus Dance Siahaya atas kerja keras atas dedikasinya selama menjabat jabatan yang dipercayakan.

Selain itu, Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada panitia seleksi dari berbagai perwakilan untuk menyeleksi dan membantu pemerintah Kota Jayapura dalam melaksanakan seleksi jabatan sekda. (Ardiles/ lintaspapua.com )