BPBJ Gelar Sosialisasi Pengoperasian SIKaP Bagi Penyedia Lokal Papua

0
445
Sosialisasi pengoperasian SIKaP berlangsung di Gedung Aula Sian Soor dan dipimpin Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., Selasa (5/3/19). (Ardiles / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Seiring berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) pada era modern sekarang ini tentu berdampak pada perubahan yang mendasar dalam memasuki era teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Karena perkembangan TIK diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi yang dapat menghubungkan instansi pemerintah dalam rangka optimalisasi pelayanan publik dimana pelayanan umum yang cepat, profesional dan transparan dan lebih mudah.

Peran TIK juga telah mendominasi dalam proses pembayaran (non tunai) maupun dalam hal pengadaan barang dan jasa.

Terkait dengan hal ini maka Pemerintah Kota Jayapura melalui Bagian Pengadaan Barang Jasa (BPBJ) menggelar Sosialisasi pengoperasian Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) bagi penyedia lokal/Papua.

Sosialisasi pengoperasian SIKaP berlangsung di Gedung Aula Sian Soor dan dipimpin Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., Selasa (5/3/19).

Dalam membuka kegiatan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan, pengadaan barang dan jasa Pemerintah mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan bangsa khususnya pelayanan juga turut serta mendorong perkembangan perekonomian nasional.

“Maka wewenang lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa Pemerintah untuk melakukan pengembangan aplikasi guna memenuhi tuntutan perubahan Perkembangan TIK sampai kebutuhan tertinggi dalam percepatan pengiriman barang dan jasa,” Kata BTM sapaan akrabnya.

Ia menjelaskan, aplikasi SIKaP merupakan sistem pengadaan secara elektronik yang digunakan untuk mengelola informasi dan data kualifikasi penyedia barang dan jasa.

“Saya harap dengan adanya sistem ini agar proses pengadaan secara elektronik jadi lebih cepat, efisien dan efektif serta transparan tanpa meninggalkan asas akuntabilitas,” ujarnya.

Dikatakan aplikasi ini merupakan sub sistem dari SPSE yang digunakan untuk megelola data/informasi mengenai riwayat kinerja dan dat kualifikasi penyedia barang/jasa.

BTM menilai momen ini sangat penting guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pengusaha lokal Papua.

Sementara itu kepala BPBJ Setda Kota Jayapura, Asep Akbar M. Khalid, ST menjelaskan kegiatan sosialisasi ini bertujuan agar proses pengadaan barang dan jasa Kota Jayapura dapat berjalan efektif dan efisien, sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuannya ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan menigkatkan pemahaman bagi pelaku usaha lokal Papua mengenai aplikasi SIKaP yang dapat mendukung proses tender cepat dan pengadaan langsung di lingkup Pemkot Jayapura,” jelasnya.

Sekedar untuk diketahui, yang hadir sebagai nara sumber pada kegiatan ini ialah Lintang Marisa dari LKPP RI. ( Ardiles / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here