SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan pembekalan calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI, DPR Papua serta DPRD Kabupaten/Kota Jayapura, DPRD Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di Provinsi Papua.

 

 

Partai yang berlogo matahari tersebut menargetkan mendapatkan 2 kursi di DPR RI, 12 kursi di DPR Papua dan untuk DPRD Kabupaten/Kota target sebanyak 120 kursi.

 

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua, Abock Busup,  kepada wartawan mengatakan bahwa untuk  Pileg 2019 nanti, pihaknya tidak memasang target yang muluk-muluk.

“Target kita (PAN) di Pileg 2019 itu 2 kursi untuk DPR RI. Nah, kalau untuk DPR Papua karena PAN ini nomor urut 12, ya kita targetkan 12 kursi juga lah. Kalau untuk DPRD Kabupaten/Kota kita targetkan 120 kursi,” katanya usai membuka Rapat Koordinasi dan Pembekalan terhadap ratusan Caleg DPR RI, DPR Papua dan DPRD di Wilayah Tabi, yang berlangsung di Hotel Horex, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (02/03/2019) siang pekan kemarin.

 

Target 134 kursi tersebut, menurut Abock Busup, sudah diperhitungkan matang-matang oleh pihaknya, yang menjadi indikator perhitungan itu adalah kekuatan dari para caleg PAN itu sendiri.

“Karena di DPRD Kabupaten/Kota ada yang bisa dapat 10 kursi, bisa juga dapat 7, bisa 6, bisa 5 atau 4 kursi, terus ada juga yang kita targetkan hanya bisa dapat 1 kursi,” tuturnya.

“Jadi, hal itu sudah kita perhitungkan semuanya. Kita itu lihat dari kekuatan calegnya,” kata pria yang juga menjabat sebagai Bupati Yahukimo ini.

Bahkan dirinya juga mengklaim bahwa target itu sudah maksimal dan sudah pasti bisa direbut dengan mudah.

“Jadi targetnya begitu, sehingga paling minimal target 2 di DPR-RI ini kita sudah kerja maksimal. Kalau yang lain target 4-5 kita hanya dua saja,” tukasnya.

Ketika ditanya wartawan soal daerah mana saja yang menjadi lumbung suara dari partai belambang matahari itu dirinya mengatakan, “Kabupaten Yahukimo sudah pasti, karena bupatinya kan Ketua DPW. Terus di Kota Jayapura juga Wakil Walikotanya orang PAN, jadi pasti menang lah,” bebernya.

 

Selain kedua daerah itu, Kabupaten Lanny Jaya, Paniai, Asmat, Puncak Jaya, Tolikara dan Biak juga telah ditargetkan untuk menang dalam Pemilu 2019.

 

“Di daerah-daerah itu, target kursi Provinsi sudah ada. Kalau yang lain tidak turun baru bicara, kalau kita itu turun dan sosialisasi dulu baru bicara. Sehingga kursi-kursi yang ada ini sudah pasti kita rebut,” paparnya.

Meski optimis bisa mendapatkan target itu, Abock Busup juga mengakui bahwa ada daerah yang memang agak sulit untuk meraih kemenangan itu. “Jadi target kita 12 kursi di DPR Papua saja itu sudah cukup,” tutupnya dengan singkat. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)