WALI KOTA JAYAPURA DR BENHUR TOMI MANO, MM BERSAMA KAPOLRES JAYAPURA KOTA AKBP GUSTAV R URBINAS, SH, SIK DAN DANDIM 1701 / JAYAPURA LETKOL INF JOHANIS PARINUSSA MEMIMPIN RAPAT TERBATAS TIM TERPADU CIPTA KAMTIBMAS KOTA JAYAPURA

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM bersama Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, SH, SIK dan Dandim 1701 / Jayapura Letkol Inf Johanis Parinussa adakan pertemuan terbatas yang membahas agenda operasi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Jayapura.

Operasi yang berdasarkan kesepakatan bersama diberi nama “Tim Terpadu Cipta Kamtibmas (DUTA) Kota Jayapura”, melibatkan personel Kodim 1701 / Jayapura, Polres Jayapura Kota dan Satpol PP Kota Jayapura.

Tim cipta kamtibmas dijadwalkan beroperasi pada Sabtu, 23 Februari 2019, setelah dikukuhkan oleh Bagian Hukum ke dalam Surat Keputusan Wali Kota Jayapura yang akan terbit pada Jumat, 22 Februari 2019.

“Istilah patroli hanya untuk berkeliling, maka lebih tepat dinamai Tim Terpadu Cipta Kamtibmas, yang bertugas tidak hanya mengawasi dan razia tapi juga menindak pelaku pelanggar perda untuk dibawa sebagai tipiring ke pengadilan,” kata Wali Kota Jayapura memimpin rapat di ruangannya, Kamis 21 Februari 2019.

Tim terpadu nantinya akan menjalankan tugas razia selektif yang menyasar orang mabuk di fasilitas publik, razia pengguna narkoba yang penjaringannya melibatkan petugas BNN, razia pelaku curanmor, razia pelaku perjudian atau togel, miras ilegal, balap liar, tempat hiburan malam dan tempat prostitusi ilegal yang melibatkan petugas Dinas Kesehatan untuk peneriksaan HIV/AIDS dan IMS, parkiran liar, razia kebersihan lingkungan, razia ormas ilegal yang tak terdaftar di Kesbangpol dan razia PKL liar. Tim terpadu juga sekaligus memeriksa kelengkapan identitas E-KTP warga yang terjaring razia, guna mempersempit ruang gerak penduduk ilegal, dan yang berpotensi menganggu keamanan dan ketertiban di Kota Jayapura.

Lokasi titik kumpul direncakan di taman Imbi dan dimulai dengan apel gabungan tim terpadu. Apel dipimpin oleh Wali Kota Jayapura dan dihadiri oleh Muspida Kota Jayapura, serta didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, pimpinan OPD Kota Jayapura dan anggota DPRD Kota Jayapura. Pemerintah Kota Jayapura melalui BPKAD segera menganggarkan kegiatan tersebut sebagai program Pemerintah Kota Jayapura untuk membiayai personel yang bertugas pada kegiatan kamtibmas tersebut.

Rute patroli dan razia Tim Terpadu Cipta Kamtibmas meliputi titik kumpul di taman Imbi pukul 20.00 WIT, lalu menyisir taman Saga di samping Gramedia, terminal lama, taman Mandiri, taman Mesran, taman Anafre di belakang pasar Ampera, kawasan dok di Jayapura Utara, kompleks ruko dok II, kawasan pelabuhan, kawasan Argapura, kawasan wisata pantai hamadi, dan beberapa titik tempat wisata di Jayapura Selatan hingga tempat umum di Abepura.

SATPOL PP, KODIM 1701 / JAYAPURA, BAGIAN HUKUM DAN BPKAD MENGIKUTI RAPAT TERBATAS PEMBENTUKKAN TIM TERPADU CIPTA KAMTIBMAS KOTA JAYAPURA

Rencananya, kegiatan kamtibmas akan menjadi program bulanan, yang berakhir pada Desember 2019. Wali Kota akan libatkan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kelompok masyarakat guna bersama-sama mendukung program pemerintah mewujudkan kamtibmas. Rapat terbatas tersebut dihadiri Satpol PP Kota Jayapura, Kodim 1701 / Jayapura, Kabag Ops Polres Jayapura Kota, Lantamal X Jayapura, Bagian Hukum Kota Jayapura, BPKAD Kota Jayapura, Kesbangpol Kota Jayapura, Dinas Perhubungan dan Humas Kota Jayapura. (HUMAS)