Bahan Bacaan :  Yesaya 44 : 9-20 ; Mat. 22:37.30

Orang-orang yang membentuk patung, semuanya adalah kesia-siaan, dan barang-barang kesayangan mereka itu tidaklah memberi faedah. Penyembah-penyembah patung itu tidaklah melihat dan tidaklah mengetahui apa-apa; oleh karena itu mereka akan mendapat malu.  (Yesaya 44:9).

 

Orang Israel itu paling mudah terpikat oleh berhala. Karena itulah jangan heran bila mereka berkali-kali jatuh di dalam penyembahan berhala.

 

Salah satu alasan terbesar mengapa bangsa ini terpikat kepada berhala, karena mereka menyaksikan bagaimana bangsa-bangsa di sekitar mereka memiliki kebiasaan menyembah berhala.

 

Misalnya pada masa tanam dan panen mereka selalu mempersembahkan korban kepada para berhala. Jadi kebiasaan ini akhirnya diikuti oleh orang Israel. Mereka tidak menyadari bahwa itu menyakitkan hati Allah Kalau kita ditanyai, “Dosa apakah yang paling sering dilakukan oleh orang Kristen jaman sekarang?” Mungkin kita sendiri akan kebingungan menjawabnya.

 

Atau kita bisa menyebutkan satu persatu sampai kita menyadari bahwa daftar itu begitu banyak. Memang kita tidak hidup dalam jaman hukum Taurat.  Lagi pula Yesus sudah merangkum semua hukum Taurat ke dalam hukum ini: “Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Matius 22:37-39).

 

Tetapi hukum inilah yang paling sering dilanggar! Kalau kita tidak mengasihi Tuhan dengan segenap hati, maka itu adalah dosa. Kalau kita tidak mengasihi sesame kita seperti diri kita sendiri itu adalah dosa. Mungkin kita akan bertanya, “Lalu apa gunanya kita hidup pada zaman anugerah?” Justru pada masa anugerah inilah kita bisa mengasihi Tuhan dengan segenap hati! Pada masa dahulu tidak mungkin bisa dilakukan. Bukankah Roh Kudus telah diberikan di dalam hati kita supaya kita bisa mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri ?

 

 

Jangan cemas. Kita semakin disempurnakan dari hari ke hari. Dan itulah yang sedang Allah kerjakan bagi gereja-Nya.

 

Renungan :

Kita semua memiliki kerinduan untuk semakin disempurnakan. Itu bukanlah perkara yang sukar karena itu adalah rencana Allah. Percayalah kalau kita semua pasti akan akan menjadi sempurna.

 

Penyembah Tuhan yang benar adalah mereka yang mencintai hukumNya. ( Multimedia Department Graha Bethany Nginden)