Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP, ketika menyematkan tanda pangkat dan jabatan kepada Steven Eluay sebagai Kepala Kampung Sereh. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bertempat di Pendopo Ondofolo Igwa Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, pada hari Kamis (14/2/2019) kemarin pagi Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP, resmi melantik Steven Eluay, SE., sebagai Kepala Kampung Sereh.

Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP., dalam sambutannya mengharapkan. kepada kepala kampung terpilih yang masih sangat muda dan berpotensi adalah dukungan dari seluruh masyarakat Kampung Sereh untuk membangun Kampung Sereh lebih maju lagi.

Caption Foto : Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP, ketika menyematkan tanda pangkat dan jabatan kepada Steven Eluay sebagai Kepala Kampung Sereh. (Irfan / HPP)

“Saya telah melihat potensi Kampung Sereh terutama potensi dukungan sosial untuk pembangunan kampung. Pada prinsipnya tidak semuanya inisiatif datang dari pemerintah, namun pada hari ini (kemarin) saya melihat inisiatif dari masyarakat Kampung Sereh. Sehingga harapan saya kepada kepala kampung terpilih, untuk dapat merangkul seluruh masyarakat demi kemajuan pembangunan di Kampung Sereh,” paparnya.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP., menyampaikan, pemerintah daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi kampung bagi kampung-kampung yang berada di wilayahnya.

“Sehingga penyelenggaraan pemerintah kampung dapat mencapai tujuannya, yaitu peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat kampung. Oleh karena itu, sesungguhnya kepala kampung mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan kampung,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat kampung, demi membangun dan juga memajukan warga kampungnya.

Dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung itu, kata Asisten I, hendaknya perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan juga peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan, pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di kampung itu harus senantiasa ditonjolkan.

“Dalam kesempatan ini, kami sangat mengharapkan perhatian saudara (Steven Eluay) sebagai kepala kampung yang baru saja dilantik, ada beberapa hal dalam rangka pelaksanaan fungsi dan tugas penyelenggaraan kampung kedepan. Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara, mengingt tuntutan serta harapan masyarakat kampug dalam pembangunan kampung,” paparnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Kabag Pemerintahan Kampung dan Kampung Adat pada DPMPK Kabupaten Jayapura Obaja Felle, Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode, SH, MH., Danramil Sentani Mayor Inf. Jhon F. Dahar, Komandan LMR-RI Komwil Papua, Imam Syafi’i, SE., Sekretaris KNPI Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi, ST., Ondofolo Besar Kampung Sereh Yanto Eluay, para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga Kampung Sereh. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here