SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menuju pelaksanaan PON XX Tahun 2020, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menggelar pertemuan dengan semua pimpinan atau pengurus Cabang Olahraga (Cabor) di Kabupaten Jayapura.

Pertemuan tersebut berlangsung dalam suasana keakraban dengan diawali menyebutkan yel-yel olahraga oleh pembawa acara dan diikuti oleh pimpinan Cabor dan juga diikuti oleh Bupati yang berlangsung di Aula Lantai III Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Rabu (13/02).

Pertemuan tersebut, selain di hadiri Bupati Jayapura juga di hadiri pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Papua yang di wakili oleh salah satu stafnya.

Bupati Jayapura,  Mathius Awoitauw, SE, M.Si.,  dalam kesempatan tersebut mengatakan, temu bicara yang dilakukan tersbut bukan suatu pertemuan formal. Artinya, dalam suasana santai, setiap pimpinan Cabor, KONI, pemerintah daerah juga Dispora Papua saling berdiskusi dan tukar informasi.

Menurutnya, diskusi dan tukar pikiran sangat dibutuhkan guna menyatukan tekad dan komitmen bersama menuju PON XX tahun 2020. Kabupaten Jayapura tentu menjadi tuan rumah, sebab itu, perlu adanya kesepahaman bersama diantara semua insan olahraga di Bumi Khenambai Umbay.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura menjadi salah satu kabupaten dari sejumlah kabupaten/kota di Papua yang akan menjadi titik pusat pesat pelaksanaan PON XX Tahun 2020, berhubung dengan adanya Stadion Utama Papua Bangkit di Kampung Harapan.

“Kita berharap, supaya lewat temu bicara ini dapat menghasilkan sejumlah kesepakatan-kesepakatan guna menjadi pijakan dalam melangkah selanjutnya menuju PON XX 2020,” harap Bupati Mathius.

Sementara itu, Kepala UPT Disorda Provinsi Papua, dr. Herlina Rahangiar,  menyampaikan terima kasih da apresiasi atas terselenggaranya temu bicara. Sebab lewat temu bicara akan terjadi diskusi-diskusi menarik yang akan menjadi bahan bagi pihaknya dalam merumuskan kebijakan.

“Pada prinsipnya, kami telah mengerjakan sejumlah hal guna mengsukseskan PON XX tahuin 2020. Hanya saja, dari aspek koordinasi dan komunikasi dengan kabupaten/kota sering lalai berhubung kesibukan-kesibukan kerja yang padat,” pungkasnya.

Dirinya menyebut, ada 11 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di Kabupaten Jayapura. Untuk itu, pihaknya meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura supaya 11 Cabor yang dipertandingkan dapat berjalan dengan sukses. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)