Pemkot Jayapura, PT. Bank Mandiri dan PT. APS menandatangani Bantuan Hibah dan Perjanjian Kerja Sama Area Parkir Ruko Dok II

74
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., bersama Kakanwil 12 Region Papua PT Bank Mandiri I Gede Raka Arimbawa, saat Penandatanganan serah terima bantuan hibah renovasi gapura kawasan setra bisnis pasifik permai serta Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano MM., bersama Dirut PT APS saat penandatanganan PKS pemanfaatan area parkir (Ardiles / lintaspapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Acara penandatanganan serah terima bantuan hibah renovasi gapura kawasan Sentra Bisnis Pasifik Jayapura bersama PT. Bank Mandiri (persero) tbk dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemanfaatan area perparkiran pada kawasan Bisnis  Pasifik Permai Dok II Jayapura antara PT. Angakasapura Suport dengan Pemerintah Kota Jayapura, berlangsung di Taman Front One komplek Ruko Pasifik Permai Jumat 1 Februari 2019.

 

Diawali dengan laporan kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kota Jayapura, Robby K. Awi,  SE. MM., yang mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini untuk mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Jayapura.

“Yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang baik bagi pengguna jasa parkiran Ruko Dok II dan meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD),” kata Robby.

 

Acara ini sambung Robby, juga merupakan suatu kegitan dalam rangka menyambut HUT Kota Jayapura dan HUT Pekabaran Injil di tanah Tabi yang ke-109.

 

“Kepada Bapak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura, kami ucapkan terima kasih dalam programnya yang nyata dalam menjadikan Kota Jayapura sebagai Smart City. Serta PT. Bank Mandiri (persero) tbk dan PT. Angkasapura Sopport jalinan kerjasama dalam pengelolaan area parkir di kawasan Bisnis Pasifik permai Dok II Jayapura,”ujarnya.

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., dalam sambutannya mengatakan dalam serangkaian  kegiaran hari diharapkan mampu meningkatkan  wawasan masyarakat Kota Jayapura tentang program pemerintah yang dikenal dengan gerakan nasional non tunai.

 

“Dalam mewujudkan masyarakat tanpa uang tunai, dan mendukung Kota Jayapura menuju smart city,” kata BTM sapaan akrabnya.

 

Dikatakan Pemkot Jayapura pasti tidak akan luput dari penerapan pelayanan publik yang berbasis non tunai yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

 

“Perwujudan non tunai ini penting untuk mendorong perekonomian yang lebih efisien dalam pengelolaan keuangan oleh masyarakat juga pelaku bisnis, maupun lembaga Pemerintah,” ujarnya.

 

Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan PT. APS sambung BTM, bertujuan untuk memperbaiki sistem layanan terhadap perparkiran di kawasan Bisnis Pasifik permai.

 

“Ini dilakukan seiring ditetapkan kawasan Ruko Pasifik Permai sebagai sentra kawasan bisnis Kota Jayapura,jelasnya.

 

Ditambahkan, selama ini parkir khusus di kawasan ini telah memberikan kontribusi bagi PAD Kota Jayapura.

 

“Akan tetapi masi sangat kecil dan sering terjadi Los penerimaan dari sisi retribusi parkir sehingga dampaknya tidak tercapainya target yang ditetapkan Bappeda Kota Jayapura,”kata orang nomor 1 di Kota tersebut.

 

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Region 12 Papua, PT. Bank Mandiri (persero) tbk I Gede Raka Arimbawa, dalam sambutannya mengatakan, syukur atas diberikan kesempatan untuk Bank Mandiri dalam berkontribusi terhadap Kota Jayapura selain kontribusi bisnis dan ekonomi.

 

“Kegiatan ini juga menjadi tanggung jawab sosial kami terhadap Kota Jayapura,”ujarnya.

 

Dikatakan, Bank Mandiri yang telah digandeng bekerja sama oleh Dinas Pendapatan Belanja Daerah (Dispenda) untuk menerapkan sistem penerimaan perparkiran dan percontohan Sentra Pasifik Permai Ruko Dok II.

 

“Bersama dengan PT. Angkasapura Support uang mengembangkan sistemnya dan pada hari ini kita bisa launching kegiatan ini,” kata I Gede Raka

 

Ditambahkan, ada dua misi yang dalam kegiatan PT. Bank Mandiri yakni ikut mengembangkan perekonomian Daerah melalui Bank sebagai lembaga intermediasi dalam bertransaksi dan pembiayaan serta sebagai BUMN memiliki kewajiban dan tanggung jawab sosial guna mengembangkan Daerah.

 

“Kita juga perlu mengedukasi masyarakat sesuai kebijakan negara yaitu gerakan nasional non tunai,” ungkapnya.

 

Dikatakan dalam kesempatan ini PT. Bank Mandiri (persero) tbk, memberikan bantuan sarana dan prasarana penyiapan pintu masuk Sentra Pasifik Permai.

 

“Sedangkan untuk sistem dan pemerimaannya sendiri merupakan  kerjasama antara PT. Angkasapura Support dan Dispenda,”ujarnya.

 

Pada kesempatan yang sama,Direktur utama (Dirur) PT. Angkasapura Support (PT. APS) Trikora Harjo mengatakan terima kasih buat Pemkot Jayapura dan PT. Bank Mandiri yang telah memberikan kesempatan untuk PT. APS berperan serta di Kota Jayapura dalam rangka pemanfaatan di area Sentra Pasifik Permai Ruko Dok II,

 

“Semoga kehadiran PT. APS ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif untuk dapat meningkatkan PAD,” kata Trikora.  (Ardiles/lintaspapua.com)