TASPEN Berikan Perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan JKM PPPK

0
596
Pimpinan PT. TASPEN cabang Jayapura, Oktrizal AZ, menjelaskan, bahwa PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK menyebutkan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan bagi PPPK berupa Jaminan Hari Tua. jaminan kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja. Jaminan Kematian dan Bantuan Hukum. Tampak saat foto bersama dalam kegiatan sosialisasi. (Fransisca / lintaspapua.com )

JAYAPURA  (LINTAS PAPUA) – PT. TASPEN menjadi penyelenggara Jaminan Sosial berupa Jaminan Hari Tua. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta JKK dan JKM bagi pegawai non-PNS (termasuk tenaga honorer) yang bertugas pada instansi pemerintah, hal ini berlaku secara Nasional, seluruh Indonesia.

Pernyataan ini di sampaikan Pimpinan PT. TASPEN cabang Jayapura, Oktrizal AZ, di kantor PT.TASPEN Jayapura, Selasa (29/1/2019).

Pimpinan PT. TASPEN cabang Jayapura, Oktrizal AZ, saat diwawancara. (Fransisca / lintaspapua.com )

Pimpinan PT. TASPEN cabang Jayapura, Oktrizal AZ, menjelaskan,  bahwa PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK menyebutkan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan bagi PPPK berupa Jaminan Hari Tua. jaminan kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja. Jaminan Kematian dan Bantuan Hukum.

 

“Melalui PP Nomor 49 Tahun 2018 Pasal 99 pula menyatakan bahwa Pegawai Non-PNS yang bertugas pada instansi pemerintah diberikan perlindungan berupa jaminan kesehatan. Jaminan kecelakaan kerja. dan jaminan kematian sebagaimana berlaku bagi PPPK. Peraturan yang berlaku bagi PPPK dalam hal ini ialah PP Nomor 7O Tahun 2015, dimana pengclolaan JKK dan JKM diamanatkan kepada TASPEN.” Katanya

 

Peraturan Pemerintah diatas merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, dimana Pasal 2 ayat (2) menyatakan bahwa Program JKK dan JKM bagi Peserta pada Pemberi Kerja penyelenggaraan negara diatur dengan Peraturan pemerintah tersendiri.

Caption Foto : Suasana Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta JKK dan JKM bagi pegawai non-PNS (termasuk tenaga honorer) yang bertugas pada instansi pemerintah, hal ini berlaku secara Nasional, seluruh Indonesia, yang diikuti ratusan warga.  (Fransisca / lintaspapua.com)

Oktrizal juga menyampaikan,  intinya PT.TASPEN memberikan perlindungan penuh pada siapa saja yang bekerja atau memberikan pengabdiannya kepada  Pemerintah Indonesia.

 

“Dengan ini TASPEN selain menjadi penyelenggara jaminan sosial bagi PNS dan pejabat negara juga memberikan perlindungan berupa JHT, JKK dan JKM kepada PPPK serta JKK dan JKM bagi pegawai non-PNS termasuk pegawai yang saat ini dikenal dengan sebutan tenaga honorer atau sebutan lain yang bertugas pada instansi pemerintah. Terkait dengan pengenaan iuran akan diatur dalam ketentuan lebih lanjut mengenai pemberian perlindungan,” pungkasnya. ( Fransisca/ litaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here