SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dalam membangun kehidupan bermasyarakat, pengembangan kualitas pendidikan agama memiliki peran sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas masyarakat kedepannya.

Demikian disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, belum lama ini di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tinggi rendahnya kualitas masyarakat di masa depan, sangat tergantung pada derajat keberhasilan penyelenggaraan pendidikan agama. Pendidikan agama perlu di tingkatkan dalam setiap pembelajaran di sekolah-sekolah.

“Kita juga harus menjadikan pembangunan pendidikan melalui sekolah agama sebagai bagian tak terpisahkan dari pembangunan pendidikan di Kabupaten Jayapura secara keseluruhan,” ujarnya.

Dikatakan, pendidikan keagaaman penting karena di dalamnya terkandung makna hakiki dari komitmen pencanangan Zona Integritas Kerukunan Antar Umat Beragama.

Komitmen tersebut membutuhkan pengorbanan-pengorbanan yang lain juga. Baik itu pengorbanan bagaimana benar-benar semua pihak saling mendukung, saling menghargai serta saling memperhatikan satu sama lainnya.

Bupati Mathius juga mengatakan, komitmen zona integritas kerukunan ini penting, karena semua pihak disini sendiri yang membuat komitmen zona integritas kerukunan tersebut.

“Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh warga yang ada di Kabupaten Jayapura harus kompak, untuk bersama-sama bagaimana memberikan pikiran-pikiran cerdas yang terbaik dengan saling memberikan penghormatan satu sama lain,” ajaknya mengakhiri wawancara. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)