Renungan Harian, Minggu 27 Januari 2019 : PERTOBATAN DAN PENGAMPUNAN DOSA

0
1177
Anthonius Ayorbaba, selaku Kakanwil Kemenkumham Papua Barat melakukan audence dengan Kasdam XVIII Kasuari Papua Barat, Asisten I, Setda Provinsi Papua Barat, & MKN & MPW, dalam membahas penfawasan notaris di Papua Barat, Pelantikan PPNS di Papua Barat serta kerja sama dengan Pangdam untuk Bela Diri Yoongmodo bagi CPNS, di Papua Barat, Tuhan Baik. (Foto Pribadi)

Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi dalam nama-Nya  berita tentang pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

   …LUKAS 24:46-48….

 

*PERTOBATAN DAN PENGAMPUNAN DOSA*

 Sobatku, para murid tidak boleh memberitakan pengampunan dosa tanpa adanya tuntutan pertobatan. Pengkhotbah yang menawarkan keselamatan atas dasar iman yang gampang atau hanya dengan menerima keselamatan tanpa adanya suatu penyerahan diri untuk taat kepada Kristus dan Firman-Nya adalah memberitakan Injil yang palsu.

Pertobatan adalah meminta agar kita meninggalkan dosa ; ini selalu merupakan unsur penting dalam Injil Perjanjian Baru yang sejati.

Caption Foto : Anthonius Ayorbaba, selaku Kakanwil Kemenkumham Papua Barat melakukan audence dengan Kasdam XVIII Kasuari Papua Barat, Asisten I, Setda Provinsi Papua Barat, & MKN & MPW, dalam membahas penfawasan notaris di Papua Barat, Pelantikan PPNS di Papua Barat serta kerja sama dengan Pangdam untuk Bela Diri Yoongmodo bagi CPNS, di Papua Barat, Tuhan Baik. (Foto Pribadi)

Makna dasar pertobatan (Yunani “metanoeo” adalah “berbalik”, yaitu berbalik dari cara hidup yang jahat kepada Kristus, dan melalui Kristus kepada Allah (Yoh 14:1,6; Kis 8:22; 1Pet 2:25).

Jadi makna Pertobatan adalah:

  1. Keputusan untuk berbalik dari dosa kepada keselamatan di dalam Kristus menyangkut hal menerima Kristus bukan hanya Juruselamat dari hukuman dosa, tetapi juga sebagai Tuhan atas kehidupan kita. Jadi pertobatan meliputi pergantian penguasa dari kekuasaan iblis (Efesus 2:2) kepada kekuasaan Kristus dan Firman-Nya (Kisah Para Rasul 26:18).

 

  1. Pertobatan merupakan keputusan yang sukarela pada pihak orang berdosa, yang dimungkinkan oleh kasih karunia yang memberi kemampuan kepada mereka mendengar dan percaya kepada Injil (Kisah Para Rasul 11:21).

 

  1. Pertobatan merupakan pesan pokok para nabi Perjanjian Lama (Yeremia 7:3 ; Yehezkiel 18:30; Mal 3:7). Yohanes pembaptis (Matius 3:2), Yesus Kristus (Matius 4:17; 18:3; Lukas 5:32).

Pemberitaan pertobatan harus senantiasa mendampingi berita Injil (Luk 24:47).

 

Sobatku, berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa.

Sebab Kristus sendiri menetapkan misi Kristen sebagai suatu tugas gereja yang kudus dan penting. Karena itu Yesus perintahkan kepada setiap orang percaya: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan anak dan Roh Kudus (Mat 28:19)

Sudahkah kita mengalami Pertobatan yang menghasilkan buah ?

Renungkanlah…!

Selamat Berkarya bagi Yesus dan jadilah Berkat  bagi orang lain.

 

Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI. (ISTIMEWA)

*Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI*
Telah di edarkan pada Jemaat2 GKI :
1. Klasis Port Numbay
2. Klasis Sentani
3. Klasis Manokwari
4. Klasis Yapen Seĺatan.

 

 

Semua dukungan jemaat & bapak/ibu/Sdr/i dengan doa & membeli DVD Emaus Bermazmur akan sangat berarti utk membantu penerjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia, ke bahasa Suku Koròwai & Korowai Batu, di Kabupaten MAPPI, yang rindu membaca Alkitab dengan Bahasa Mereka sendiri.

Tuhan Yesus memberkati.

Executìve Pròducer,  Anthonius Ayorbaba,.
🙏🙏🙏👏👏👏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here