Wali Kota Benhur Tomi Mano Serahkan Ratusan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat

0
239
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., menyerahkan Sertifikat Tanah kapada rakyat dan juga bagi rumah ibadah, sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) Tahun Anggaran 2019, Kota Jayapura, yang berlangsung di Aula Sian Soor kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (25/01/2019). (Ardiles / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., menyerahkan Sertifikat Tanah kapada rakyat dan juga bagi rumah ibadah, sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) Tahun Anggaran 2019, Kota Jayapura, yang berlangsung di Aula Sian Soor kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (25/01/2019)

 

Dalam sambutan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., memberikan pesan kepada warga yang sudah menerima Sertifikat untuk menyimpan dengan baik jangan sampai tercecer.

“Pesan saya kepada bapak/ibu yang telah menerima sertifikat untuk menjaganya, simpan itu baik-baik jangan sampai hilang,” kata BTM sapaan akrabnya.

 

Dikatakan penyerahan Sertifikat Tanah dan sosialisasi PTSL mendapat membantu masyarakat di wilayah Kota Jayapura tentang kepemilikan tanah yang sah.

 

“Ini membantu masayarakat kota jayapura tentang kepemilikan tanah yang SAH dan tidak bisa diganggu gugat karena sudah memiliki sertipikat yang resmi,”ujarnya.

 

Menurut BTM, PTSL adalah salah satu program yang sangat strategis, berkesinambungan dan teratur menjadi suatu objek dalam pengurusan bagi tanah yang belum terdaftar khususnya di wilayah kota Jayapura.

“Program ini sangat penting untuk menghindari konflik-konflik masalah tanah yang ada di kota jayapura,”katanya.

 

Ditambahkan, atas nama Pemerintah Kota Jayapura mengucapkan,  terima kasih kepada BPN dalam program-program yang telah dijalankan.

 

“Kami membantu dan mendukung  penuh program badan pertanahan dalam membantu masyarakat untuk mempunyai bukti-bukti kepemilikan tanah yang lengkap, juga rumah ibadah yang sudah bersertifikat,” ujarnya.

 

Pihaknya mengakui Apa yang dilakukan Pemkot Jayapura dan BPN tanpa dukungan dari camat, lurah kepala kampung maka program ini tidak akan berjalan dengan baik dan cepat.

 

Sementara itu,  Kepala Kantor Pertanahan Kota Jayapura,  DR. Roy F.  Wayoi S.Sos, MMT., mengatakan ini pekerjaan akhir dari proyek tahun 2018 untuk Kota Jayapura sendiri mendapat kuota sebesar 2000 bidang tanah dari 2000 bidang itu K-1 500 sedangkan 2,3 dan 4 itu 1500.

 

“Jadi hari ini penyerahan akan diserahkan oleh bapak Wali Kota kepada Kampung Adat yakni Kampung Enggros yang sudah selasai termasuk rumah berlabuh yang ada di wilayah tersebut,” kata Roy Wayoi.

 

Ditambahkan, bahwa sertifikat juga diberikan kepada Rumah ibadah yang sebagian besar ialah Gereja, untuk PTSL umum diberikan sebagian besar ke Kelurahan Bhayangkara.

 

“Jadi Hari ini penyerahan sertifikat ada 400 sedangkan yang lainnya sudah di serahkan oleh kakanwil beberapa waktu lalu,” ujarnya.  (Ardiles / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here