JAYAPURA (LINTASPAPUA) –  Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) di kota Jayapura, Provinsi Papua, menggelar Festival Binthe Biluhuta ( Milu Siram/makanan khas Gorontalo) di Taman Imbi kota Jayapura, Sabtu 26 Januari 2019.

 

Kegiatan festival  Binthe Biluhuta di lakukan dalam rangka memperingati hari Patriotik 23 Januari 1942, dengan thema”Kobarkan nilai dan semangat Patriotik 23 Januari,  sukseskan pemilu 17 April 2019, serta wujudkan warga kota yang baik dan taat aturan.

Menurut Ketua Panitia, Irwanto Tahir SE. dalam melaporkan pertanggungjawaban kegiatan festival ini menyampaikan bahwa hari patriotik 23 Januari adalah agenda tahunan dari Kerukunan Keluarga Indonesi Gorontalo (KKIG) Provinsi Papua.

 

“Karena sebagai bangsa yang besar dan bermartabat adalah bangsa yang menghargai perjuangan jasa para pahlawannya,” kata Irwanto.

 

Sementara itu,  Ketua DPD KKIG Provinsi Papua, Dr. Merlan Uloli SE MM.,dalam sambutannya mengatakan, bahwa masyarakat Gorontalo yang ada di kota Jayapura hadir saat ini untuk merayakan sekaligus mengenang jasa pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah.

 

“Jadi peristiwa patriotik ini sebagai momen bagi orang Gorontalo mengenang Pahlawan Nani Wartabone yang telah berhasil mengusir penjajah dari  Gorontalo.Jadi tiga tahun sebelum Indonesia merdeka orang Gorontalo sudah merdeka lebih awal, hidup Gorontalo,” papar Merlan.

 

Dirinya mengucapkan, terima kasih kepada Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Kapolresta Kota Jayapura AKBP Gustav Urbinas dalam membantu dan mendukung sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

 

Lanjut kata Merlan, bahwa kegiatan Festival Binthe Biluhuta (milu siram) ini sekaligus memperkenalkan makan khas dari Gorontalo kepada masyarakat yang lain di Kota Jayapura.

 

“Jadi makanan khas Gorontalo, sebenarnya mudah di temukan di Jayapura, karna bahan dasarnya adalah jagung,”ujarnya

 

Dikatakan alangkah baiknya jika kegiatan festival ini di sosialisasikan kepada warga kota Jayapura, tentang makanan khas Milu Siram dari Gorontalo.

 

Selain itu demi sukseskan pemilu 2019, Dirinya menghimbau kepada seluruh warga Gorontalo yang ada di provinsi Papua khususnya di kota Jayapura untuk mengurus e-KTP.

 

“Kalau di Kota Jayapura warga Gorontalo sudah 100 persen  memiliki e-KTP, ” ucap Merlan.

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., mengapresiasi hadirnya warga Gorontalo dan Paguyuban yang lain dalam membantu, menjaga kedamaian di Kota Jayapura.

 

“Inilah rumah kita, Istana dan Honai kita bersama, harus tetap kita jaga, ”  ucap BTM sapaan akrabnya

 

Pihaknya mengharapkan lewat kegiatan festival Binthe Biluhuta dan sekaligus memperingati hari patriotik ke-77, warga Gorontalo di himbau untuk mengisi kemerdekaan di segala bidang.

 

Selain itu juga BTM, berpesan kepada warga Gorontalo di kota Jayapura agar selalu berbuat baik untuk membantu serta mendukung program pemerintah kota Jayapura.

 

” Satu hal yang saya minta, bagi warga Gorontalo agar selalu menjaga kebersihan, ketertiba, keamanan di kota Jayapura, ” pungkasnya. (Ardiles/ lintaspapua.com )