JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Jayapura menggelar kegiatan Pembekalan Koordinator Saksi (Korsak) se- Kota Jayapura di Hotel Numbay, Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Kamis (17/1/2019) kemarin.

Acara dihadiri Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan Ketua DPD Partai NasDem Kota Jayapura, Hanggua Rudy Mebri.

Kegiatan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars NasDem, diikuti 252 peserta Koordinator Saksi (Korsak) dari empat daerah pemilihan (Dapil) se- Kota Jayapura.

Caption Foto :  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Jayapura menggelar kegiatan Pembekalan Koordinator Saksi (Korsak) se- Kota Jayapura di Hotel Numbay, Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Kamis (17/1/2019) kemarin. Acara dihadiri Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan Ketua DPD Partai NasDem Kota Jayapura, Hanggua Rudy Mebri serta para caleg dan semua petinggi Partai NasDem Papua. (Irfan / HPP)

Dihadiri para pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Papua, pengurus DPD Partai NasDem Kota Jayapura serta para Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI, DPR Papua dan DPRD Kota Jayapura  dari Partai NasDem.

 

Dengan diadakannya pembekalan Koordinator Saksi (Korsak) bertujuan untuk memberikan pelatihan atau pembekalan kepada koordinator-koordinator saksi di tingkat distrik agar mempunyai pengetahuan dan kemampuan guna melanjutkan apa yang telah diperolehnya dari pembekalan tersebut, kepada saksi-saksi di tingkat TPS yang ada di setiap daerah pemilihan (Dapil) se- Kota Jayapura.

 

Yakni, Dapil 1 Distrik Jayapura Selatan, Dapil 2 Distrik Jayapura Utara, Dapil 3 Distrik Heram dan Muara Tami serta Dapil 4 Distrik Abepura.

 

“Ya, ini koordinator-koordinator saksi di seluruh Kota Jayapura yang berjumlah 252 orang, nanti di TPS-TPS lagi akan di latih lagi oleh koordinator-koordinator yang ada saat ini,” kata Mathius Awoitauw.

 

Mathius mengatakan, pelatihan atau pembekalan ini penting agar saksi-saksi itu sejak dini sudah mengetahui tugas-tugasnya.

“Dalam proses-proses kampanye sampai kepada pemungutan suara. Apapun yang terjadi di sekitar TPS itu, saksi harus tahu mengawal,” katanya ketika ditanya wartawan harian ini usai membuka Pembekalan Koordinator Saksi (Korsak) DPD NasDem Kota Jayapura, di Hotel Numbay, Dok V Atas, Kota Jayapura, Kamis (17/1/2019) kemarin siang.

 

“Bukan saksi pada hari ‘H’ saja yang selama ini kita kenal. Tetapi, mereka harus menjadi saksi dari partai dalam proses-proses yang sedang berlangsung sampai pada hari ‘H’ nanti. Nah, ini dibekali sejak awal dengan konstituen juga agar mereka bisa lakukan komunikasi dengan baik untuk menjelaskan tentang partai dan juga menjelaskan caleg-caleg yang ada di setiap Dapil-dapil maupun TPS-TPS sekitar itu,” tambahnya.

 

Ketua DPD Partai NasDem Kota Jayapura, Hanggua Rudy Mebri mengatakan, dalam rangka mensukseskan Pemilian Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tanggal 17 April 2019 nanti. Maka pihaknya menindaklanjuti pembekalan dan pelatihan koordinator saksi di tingkat Kota Jayapura tersebut atas arahan dan juga amanat dari Komisi Saksi Nasional (KSN) Pusat.

 

“Untuk itu, kami pada hari ini (kemarin) hadir bersama dengan seluruh koordinator saksi yang jumlahnya kurang lebih sekitar 252 orang diundang untuk bisa bersama-sama dengan kami guna mengikuti pelatihan dan pembekalan koordinator saksi. Yang mana, nantinya setelah mengikuti pembekalan tersebut mereka akan tularkan apa yang diperoleh dalam pembekalan ini kepada saksi-saksi tingkat TPS di setiap wilayah pemilihan di Kota Jayapura,” ujar Ketua NasDem Kota Jayapura ini.

 

Dalam pelatihan atau pembekalan ini, lanjut dirinya menyampaikan, koordinator saksi ini diberikan tugas untuk dapat menindaklanjuti dan menjemput kertas suara atau blanko C1. Mereka nantinya bersama-sama dengan koordinator KSN di tingkat kota (DPD) maupun KSN tingkat distrik, yang akan bersama-sama melaksanakan tugas ini guna mensukseskan informasi akurat atau valid dari tingkat Kelurahan/Kampung yang di update langsung ke KSN Pusat.

 

“Tujuannya untuk kita mengetahui lebih dini berapa jumlah suara yang telah masuk, sehingga kita bisa tahu berapa jumlah total suara pada saat akhir nanti. Supaya dapat memudahkan kita baik di KSN daerah maupun KSN C (distrik), maka kami pasti akan melakukan sekali lagi pelatihan dan pembekalan secara khusus di tingkat Dapil agar mereka lebih paham dan dapat memahami akan tugas-tugas mereka di lapangan nantinya,” jelas pria yang akrab disapa Rudy Mebri ini.

 

Pelatihan koordinator saksi ini untuk di empat (4) daerah pemilihan (Dapil) se- Kota Jayapura yang di rektur pihaknya sebanyak 252 orang. Mereka diberikan pembekalan guna memastikan dan juga di berikan tugas-tugas khusus yang kaitannya bukan hanya proses persiapan saksi di TPS saja, tapi ada juga tugas-tugas lain yang akan mereka laksanakan di lapangan nanti.

 

Setelah mengikuti pembekalan ini, diharapkan dapat menambah wawasan mereka dalam setiap tugas dan kerjanya, sehingga nanti betul-betul mereka melaksanakannya ketika hari “H” tiba pada 17 April 2019 mendatang agar bisa mengkoordinasikannya dengan saksi TPS.

 

“Sehingga mereka akan lebih efektif memotong rantai-rantai distribusi atau pengembalian C1 yang biasanya ketika selesai pemilihan itu terlambat sekali input data untuk masuk ke KSN Pusat,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)