JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Selain pembangunan venue, sarana penunjang seperti air bersih dan listrik sangat berpengaruh mendukung suksesnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2020 mendatang.

Oleh sebab itu, Fraksi Demokrat  mengingatkan Pemerintah Provinsi Papua untuk memperhatikan ketersediaan listrik dan air bersih dalam penyelanggaraan PON XX tahun 2020.

“Ditengah waktu penyelenggaraan PON XX yang kurang dari 18 bulan, Fraksi Demokrat berharap agar kebanggaan akan kesuksesan penyiapan sasarana dan infrastruktur penunjang PON XX di Papua, tidak justru tercederai oleh karena minimnya prestasi sebagai dampak minimnya persiapan atlet di daerah,” kata Mustakim HR.,  saat ditemui wartawan di DPR Papua, Rabu (16/1/2019)

Untuk itu, lanjut Mustakim, di tengah waktu yang ada, Fraksi Demokrat berharap pihak KONI Papua dan OPD terkait agar menyiapkan segala sesuatu terkait penyelenggaraan PON XX tahun 2020.

“Fraksi Demokrat DPR Papua mendukung upaya Pemerintah Provinsi Papua dalam membangun dan pengembangan sarana dan prasarana olahraga yang berstandar nasional dan internasional. Termasuk penyediaan infrastruktur penunjang venue PON XX baik itu yang sudah dibangun maupun yang sedang dibangun,” tuturnya.

Untuk itu, Fraksi Demokrat DPR Papua mengajak dan mengingatkan kepada Pemerintah Provinsi Papua dalam suksesnya PON XX tahun 2020.

“Di tahun 2019, penyelesaian pembangunan infrastruktur hendaknya perlu juga diprioritaskan pembangunan bidang ekonomi, mengingat dalam penyelenggaraan PON nanti diperkirakan tamu yang hadir di Papua mencapai ribuan orang, terdiri 7 ribuan atlet dan 3 ribuan official,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Mustakim, butuh ketersediaan pangan lokal. Jangan sampai, sukses di bidang infrastruktur, namun kekurangan pangan.  (Ardiles/lintaspapua.com)