JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Satuan Unit Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua, berhasil meringkus empat pemuda WNA asal Papua New Gunea (PNG) berinisial  KE (22), ST (26), S (19), dan Andrew (22) tertangkap tangan membawa dan melakukan penyalahgunaan Narkotika jenis ganja ke wilayah Indonesia.

Penangkapan itu menurut Kabid Humas Polda Papua Kombespol Drs. Ahmad Musthofa Kamal  pada Senin 14 Januari 2019 sekitar pukul 22.30 Wit, para pelaku ditangkap secara terpisah di wilayah Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.
Kamal kepada Wartawan, Selasa 15 Januari 2019 mengatakan  anggota Dit Resnarkoba Polda Papua mendapat informasi dari warga bahwa ada WNA asal PNG yang datang membawa Narkotika jenis Ganja ke wilayah Indonesia.
Kronologis penangkapan. sebut Kamal, bahwa  pelaku KE dan ST memasuki salah satu warung makan di Entrop, tim langsung melakukan penangkapan dan penggeledahan, di dapati bungkus plastik bening ukuran sedang dalam karung yang disimpan di dalam tas jinjing warna hitam.
Dari keterangan pelaku didapatkan bahwa ada 2 orang temannya yang berada di salah satu Hotel di Entrop kemudian tim bergerak menuju hotel dan mengamankan  pelaku S dan A.
Barang bukti yang diamankan:
1. 41 bungkus plastik ukuran sedang yang berisikan narkotika jenis ganja;
2. 3 karung ukuran sedang yang berisikan narkotika jenis ganja.
“Para pelaku dikenakan Pasal asal 111 ayat (1) UU No. 35 tahun 2009 tentang Markotika dengan ancaman hukuman denda paling sedikit Rp. 800.000.000.- dan paling banyak Rp. 8.000.000.000.- (8 miliyanr), atau hukuman penjara paling sedikit 4 tahun dan paling lama 12 tahun,” ucap Kabid Humas Polda Papua itu. (Richard Mayor / lintaspapua.com ))