Launching Go Adipura 2019 : Bupati Mathius Awoitauw Ajak Semua Pihak Harus Terlibat

87
Gerakan menjaga kebersihan yang telah di canangkan dapat di teruskan ke tingkat distrik dan kampung. Dana-dana kampung bisa di anggarkan oleh kampung untuk memprogramkan kebersihan kampung sebagai bagian dari dukungan terhadap Go Adipura 2019. Tampak saat Launching Go Aipura 2019 di Sentani. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meminta kepada semua warga di daerah ini, terutama warga di tiga distrik yakni, Distrik Waibhu, Distrik Sentani dan Distrik Sentani Timur untuk selalu membudayakan hidup bersih dan tertib.

Hal ini diungkapkan Bupati Mathius ketika memberikan sambutan pada saat melaunching Kabupaten Jayapura menuju Go Adipura 2019, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (11/01/2019) kemarin pagi.

 

“Kesadaran warga sangat dibutuhkan dalam menjaga kebersihan dan juga ketertiban di daerah ini. Apapun sarana penunjang yang kami sediakan jika tidak di barengi dengan kesadaran warga, maka sulit kita mencapai tujuan tersebut,” kata Bupati Mathius.

 

 

Untuk itu, dirinya mengajak semua masyarakat di Kabupaten Jayapura terutama di tiga Distrik, untuk menumbuhkan kesadaran diri dalam menjaga kebersihan. Dengan demikian, komitmen untuk menuju Go Adipura 2019 dapat tercapai.

 

 

Mathius Awoitauw menegaskan, bahwa launching yang di lakukan hari ini (kemarin) bukan sekedar launching, tetapi sebetulnya launching tersebut lahir melalui sebuah pergumulan yang cukup lama. Dimana, beberapa tahun lalu, pihaknya telah mendiskusi sejumlah hal berkaitan dengan penataan Kota Sentani termasuk di dalamnya mendapat Adipura di Tahun 2019.

 

 

Dirinya juga menjelaskan, launching Kabupaten Jayapura menuju Go Adipura merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Lingkungan Hidup. Yang mana, menjaga kebersihan di setiap Kabupaten/Kota merupakan instruksi pemeritah pusat ke provinsi untuk di teruskan ke Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

 

 

“Tim yang sudah terbentuk tidak berhenti saat launching saja. Tetapi, tim tersebut tetap akan menjadi penggerak dalam setiap upaya kebersihan di Kabupaten Jayapura, terutama di Distrik Sentani, Distrik Waibhu dan Distrik Sentani Timur,” ujarnya.

 

 

Dikatakan, kedepan pihaknya melalui tim dan OPD tekhis akan mengatur waktu dalam seminggu dua atau tiga kali menggerakan semua komponen untuk turun langsung ke titik-titik yang rawan terdapatnya sampah di tiga distrik.

 

 

Ditambahkannya, gerakan menjaga kebersihan yang telah di canangkan dapat di teruskan ke tingkat distrik dan kampung. Dana-dana kampung bisa di anggarkan oleh kampung untuk memprogramkan kebersihan kampung sebagai bagian dari dukungan terhadap Go Adipura 2019. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)