Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat, Dukcapil Kota Jayapura Terapkan Sistem Manual Aplikasi e-Waniambey Tahun 2019

43
Kepala Dukcapil Kota Jayapura, Merlan Uloli, SE. MM., saat di wawancarai di kantor Walikota Jayapura. ((Ardiles / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kota jayapura, Merlan Uloli SE. MM., berinisiatif mengembangkan Aplikasi e-Waniambey lebih hidup lagi dan bisa di terapkan dengan sistem manual di tahun 2019.

“Jadi aplikasi yang sekarang hanya bisa di download menggunakan SmartPhone (Androit) akan dikembangkan dan bisa manual, sehingga bisa konek ke RT/RW yang mengetahui jumlah warganya dan melapor kepada kami agar diketahui berapa jumlah penduduk kota jayapura totalnya ada berapa sebenarnya,”kata Merlan saat di wawancarai awak media di sela-sela kesibukan, Rabu, 9 Januari 2019.

Sejak aplikasi e-Waniambey sambung Merlan, di luncurkan dari Agustus hingga Desember 2018 silam itu hanya sampai 500 orang yang mendownload aplikasi tersebut.

 

“Lalu bagaimana dengan warga kita yang belum mempunyai smartphone (androit),” ucap Merlan dengan nada tanya.

Dikatakan dengan adanya aplikasi inovasi e-Waniambey secara manual dapat membantu mendata warga Port Numbay. Karena data yang ada di dukcapil hanya 420.008 jiwa yang ada di dalam data kita, masi sekian banyak warga yang belum terdata.

 

“Untuk itu dengan dikembangkan aplikasi ini secara manual kiranya dapat membantu,” ujarnya.

Merlan menambahkan dalam program kerja tahun 2019 ini, Dukcapil Kota jayapura tetap menjalankan program yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

“Seperti program menyentuh masyarakat antara lain nikah masal dan jemput bola ini tetap di laksanakan akan tetapi yang akan dihidupkan lebih itu yakni aplikasi inovasi e-waniambey yang telah di lunching Agustus 2018 silam kita akan intensifkan kepada warga kota,” cetusnya.

 

Lanjut kata Merlan, jika sudah diketahui jumlah kapsitas penduduk di kota jayapura ini akan menjadi pertimbagan bagi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang lain.

 

“Karena OPD membuat program berdasarkan data yang ada di kita, yaitu Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),”pungkasnya

 

Walaupun penduduk kota yang belum ada e-KTP namun setidaknya ada data diri di kita dengan aplikasi Waniambey ini.  (Ardiles / lintaspapua.com )