Asosiasi Bupati Walikota se – Tanah TABI Sepakat Koneksikan Kemajuan Pembangunan

77

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Forum Bupati Walikota se-Tanah Tabi, fokus pada pembangunan infrastruktur koneksitas kabupaten kota di wilayah adat tabi.

Kesepakatan itu, ditetapkan melalui diskusi kepala daerah dan unsur agama dan adat se-Tanah Tabi, dengan mengusung thema “Deklarasi Metu Debi Merajut Spirit Tabi” yang betujuan menyatukan daerah dengan percepatan pembangunan di Tanah Tabi.

Selain pembangunan koneksivitas antar daerah Tabi, dan pemilihan ketua Asosiasi Bupati Walikota se-Tanah Tabi,  terdapat lima poin yang menjadi perhatian khusus pembangunan yakni, ekonomi kerakyatan, pemberdayaan masyarakat adat, sumber daya manusia, pelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam dan pembangunan energi.

“Hari ini kita akan membentuk Asosiasi Bupati Walikota se-Tanah Tabi, yang kedua kita bahas tentang konekvitas infrastruktur ditanah Tabi, juga kita bicara bidang Ekonomi, seperti hutan sagu yang sudah hampir punah, juga dibidang lainnya,”kata Wali kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano MM, usai menghadiri forum Bupati Walikota se-Tanah Tabi, di Grand Allison Sentani, Jayapura, Rabu 8 Januari 2019.

SUASANA PERTEMUAN BUPATI WALIKOTA SE-TANAH TABI, RABU 9 JANUARI 2019

Ketua Asosiasi Bupati-Walikota se-Tanah Tabi, yang baru teripilih periode 2019-2022, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., mengatakan pertemuan ini untuk membahas pertemuan yang sudah dilakukan sejak 2013, untuk percepatan pembangunan dikawasan Tanah Tabi.

“Dari awal kita sudah gagas wilayah ini, Tabi ini harus ada suatu forum bentuk kerja sama yang kita harus bangunan untuk percepatan pembangunan dikawasan ini,” kata Ketua Asosiasi Bupati Walikota se-Tanah Tabi.

KETUA ASOSIASI BUPATI WALIKOTA SE-TANAH TABI SAAT MENERIMA HASIL DISKUSI YANG DISAMPAIAKN KETUA LMA PORTNUMBAY, KAMIS 8 JANUARI 2019

Dirinya mengatakan, koneksivitas daerah Tabi ini perlu dilakukan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabi, serta memberikan perlindungan masalah lingkungan hidup dan hutan yang harus dikelolah oleh masyarakat. Dengan memperhatikan sumber daya Manusia dibidang pendidikan dan kesehatan.

Forum ini berencana akan melakukan seminar tentang enam poin yang digagas, dan akan mendeklarasikannya pada 10 Maret 2019.

Hadir dalam pertemuan Bupati Walikota se-Tanah Tabi yakni, Bupati Kabupaten Jayapura, Bupati Keerom yang diwakili Asisten I Kerom, Wakil Bupati Sarmi, Bupati Mamberamo Raya dan Wali Kota Jayapura. ketua LMA, Ondoafi, dan pemuka Agama se-Tanah Tabi.**(Humas Setda Kota Jayapura)