Resmi Ditutup, Satgas Natal dan Tahun Baru 2019 Pertamina MOR VIII Berjalan Aman dan Lancar

0
304
Suasana Jumpa Pers. General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian menyampaikan bahwa Satgas BBM dan LPG Pertamina MOR VIII dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah Maluku – Papua yang telah dimulai sejak 17 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019 berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. (Humas Pertamina)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku – Papua secara resmi menutup Satuan Tugas (Satgas) Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Jayapura pada Selasa (08/01).

 

General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian menyampaikan bahwa Satgas BBM dan LPG Pertamina MOR VIII dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2019 di wilayah Maluku – Papua yang telah dimulai sejak 17 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019 berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

“Penyaluran BBM Pertamina di periode libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah Maluku – Papua berjalan dengan aman dan lancar, SPBU dan agen LPG beroperasi dengan maksimal selama periode ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Iin.

 

Di periode Satgas Natal dan Tahun Baru 2019, Pertamina MOR VIII mencatat adanya kenaikan penyaluran produk gasoline (Premium, Pertalite, dan Pertamax Series) dengan kenaikan total sebesar 2 % dibandingkan penyaluran normal dengan peningkatan tertinggi di produk Pertalite yang naik sebesar 11 % dan Pertamax naik 17%.

Hal ini menandakan semakin banyak konsumen yang menggunakan bahan bakar berkualitas yang ramah lingkungan selama periode Natal dan Tahun Baru 2019.

 

Sementara itu, produk Gasoil (Solar/Biosolar) mengalami penurunan sebesar 3% akibat menurunnya aktivitas industri selama periode libur hari raya Natal dan Tahun Baru.

 

Produk kerosene (minyak tanah) juga tercatat mengalami penurunan penyaluran sebesar 3%. Hal ini juga terjadi pada produk Avtur dimana penyaluran rata-rata harian untuk produk Avtur (bahan bakar pesawat) juga mengalami penurunan sebesar 10% selama periode Satgas.

 

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya penerbangan dari beberapa maskapai.

 

Untuk penyaluran produk LPG, tambahan alokasi LPG non PSO sekitar 10-15% dan beroperasinya 14 agen dan 42 pangkalan siaga dapat memenuhi kebutuhan LPG di periode Natal dan Tahun Baru. Konsumsi LPG rumah tangga tercatat naik 1%  sementara LPG non rumah tangga industri mengalami penurunan 24% dibandingkan dengan konsumsi normal.

 

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bersinergi untuk mengamankan penyaluran BBM dan LPG selama periode libur Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

 

“Pertamina menyampaikan terima kasih kepada seluruh seluruh konsumen setia Pertamina, stakeholders, Pemerintah Daerah, dan aparat keamanan yang telah bersinergi dengan Pertamina sehingga kegiatan penyaluran BBM dan LPG di periode libur Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta menjaga kondusivitas keamaan di sekitar wilayah operasi sehingga kegiatan penyaluran BBM di libur Natal dan pergantian tahun baru dapat berjalan secara aman dan kondusif,” tutup Iin.  (Fransisca / Comrel MOR 8)