JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Pembangunan jembatan penghubung daratan Hamadi dan daratan Holtekam (Jembatan Holtekam) yang di kerjakan PT. Pembangunan Perumahan (Persero) PT. PP sudah bisa di lewati pertengahan Tahun 2019.

Hal ini disampaikan langsung oleh pengawas pekerjaan PT.PP, Sunardi bahwa proyek pembangunan jembatan Holtekam sudah mencapai hampir 100 persen untuk APBD sedangkan untuk APBN sekitar 60 persen.

Caption Foto : Dibangunnya Jembatan Holtekamp, selain memperlancar konektivitas, tentunya akan mendorong pengembangan wilayah Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah Skouw. (Foto Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

“Karena Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam waktu dekat akan datang berkunjung ke Papua, maka pihakanya berusaha supaya jembatan Holtekam bisa di fungsikan awal Februari 2019,” kata Sunardi saat menjawab pertanyaan Insan pers, Selasa 8 Januari 2019.

 

Dikatakan, untuk jembatan pendekat ke jembatan Utama sudah selesai untuk APBD, namun untuk asesoris jembatan yang masuk dalam anggaran APBN seperti Lampu masih menunggu proses, dikarenakan lampu yang dibutuhkan tidak ada di Jayapura.

 

“Semuanya nanti di selesaikan bulan Agustus, total keseluruhan jembatan dan lampu diharapkan akhir januari sudah sampai di sini (Jayapura) jadi agustus nendatang jembatan holtekam 100 Persen selesai dan bisa di lewati masayarakat,” jelas Sunardi

Caption Foto :  Jembatan Hamadi – Holtekamp dalam pembangunan dan Wali Kota Jayapura saat meninjau dari dekat proses dan tahapan pembangunan. (Ardiles / lintaspapua.com )

Dirinya menambahkan, PT. PP yang kontraknya akan selesai bulan Agustus 2019, maka pihaknya akan bekerja ekstra guna penyelesaian jembatan pendekat juga jemabatan utama.

 

“Bulan agustus nanti jembatan pendekat juga jembatan utama sudah bisa di lalui,” tambahnya.

Menanggapi proyek jembatan holtekam yang hampir selesai, Wali kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan, proyek jalan pendekat sebagai tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura dengan anggaran dana 30 miliar APBD kota sudah mencapai 97 persen

 

Pihaknya diminta untuk terus mengikuti proyek jembatan utama sebagai proyek Nasional.

“Jadi jembatan utama selesai, jalan pendekat jembatan holtekam juga selesai,” kata BTM sapaan akrabnya, saat melakukan tinjauan jembatan Holtekam.

Untuk Peresmian jembatan holtekam BTM mengharapkan agar secepatanya di resmikan.

“Sesuai dengan yang disampaikan bapak Sunardi adalah bulan Agustus bisa di resmikan, Bahkan lebih cepat lebih baik,” ujarnya.  (Ardiles/lintaspapua.com)