Anthonius Ayorbaba, SH, M.Si., Sudah siap untuk memulai kinerja di hari pertama masuk kerja di Kanwil Kemenkumham Papua Barat,.Senin 07 Januari 2019,. Dengan Misi Kinerja 2019, Marilah Kita Mekerja denvan Jujur, Adil & Benar, dalam Mewujudkan Kanwil Kemenkumham Papua Barat PASTI BISA",. Pasti Tata Nilai Kemenkumham RI (Profesional Akuntabel Sinergis Transparan & Inovatif); BISA, Misi yg saya buatkan utk kinerja 2019 (Berwibawah Inspiratif Santun dan Amanah), (Foto Pribadi)

Segala sesuatu sudah dekat karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.
….1 PETRUS 4:7…

*PENGUASAAN DIRI*

Sobatku, seorang ibu bernama Sonia Wijaya adalah seorang ibu yang saleh dalam hidupnya. Dia rajin beribadah, berpuasa dan selalu memuji Tuhan. Karena kesalehannya maka Tuhan berkenan untuk membalasnya, dan disuruhnya Malaikat menemui ibu Sonia Wijaya.

Ketika selesai berdoa ibu Sonia Wijaya terkejut dengan kehadiran Malaikat yang menampakan diri padanya dan berkata: Sonia Wijaya, Tuhan berkenan atas kesalehan hidupmu, maka Tuhan akan mengabulkan doa permohonanmu, mintalah satu permohonan apa saja maka dalam waktu satu minggu pasti permintaanmu akan dikabulkan.

Sobatku, betapa gembiranya hati ibu Sonia Wijaya dan ia langsung berdoa minta kepada Tuhan sebuah rumah yang kecil, sederhana, penuh kedamaian dan ketentraman. Keesokan harinya ia bercerita kepada suaminya Hartanto Suryo tentang malaikat dan doa permohonannya.

Tetapi suaminya Hartanto Suryo menganjurkan meminta jangan hanya rumah kecil tetapi rumah yang besar. Karena usulan sang suami, maka ibu Sonia Wijaya berdoa kembali merubah permohonannya dengan minta rumah yang besar.

Sobatku, dua hari kemudian ibu Sonia Wijaya bertemu dengan kerabatnya ibu Meisutiarti dan bercerita tentang doa permohonannya, lalu kerabatnya ini menganjurkan supaya jangan minta rumah besar karena ibu Sonia Wijaya hidup hanya dengan suami dan seorang anak. Lebih baik minta rumah kecil dengan kebun yang besar supaya bisa dimanfaatkan untuk ditanami dan menghasilkan uang tambahan yang besar.

Setelah dipikirkan usulan ibu Meisutiarti itu baik,  maka ibu Sonia Wijaya berdoa kembali merubah permohonannya. Dua hari kemudian ibu Sonia Wijaya baru ingat bahwa dia belum konsultasi lagi dengan suaminya Hartanto Suryo tentang permohonannya terakhir.

Sobatku ketika diceritakan, Sang suaminya Hartanto Suryo menganjurkan untuk tetap minta rumah besar dengan kebun yang besar. Maka ibu Sonia Wijaya berdoa kembali minta rumah besar dengan kebun yang besar.

Setelah ditunggu lebih dari satu minggu ternyata doa ibu Sonia Wijaya tidak juga terkabul maka kembali ibu Sonia Wijaya protes terhadap Tuhan dalam doanya. Tuhan mana janji Mu, katanya dalam satu minggu doa permohonanku akan dikabulkan, Ini udah lewat dari seminggu.

Maka malaikat pun muncul dan menjawab, Sonia…sonia, tolong beri kesempatan Tuhan untuk menjawab doamu dulu. Bagaimana mungkin bisa dikabulkan bila doamu sendiri setiap dua hari sekali berubah ?

Sobatku, malaikatpun memberikan nasehat : “Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa”.

Bukankah Cerita yang sering dialami oleh banyak manusia, banyak hal dalam pikiran dan pandangan kita selalu ada yang lebih baik, lebih menguntungkan dan lebih menjanjikan?.

Demikian pula pikiran dan pandangan kita terhadap pendapat dan usulan orang. Tetapi alangkah bijaksananya bila kita bisa menguasai diri dan menjadi tenang, supaya dapat berdoa dan mengambil keputusan terbaik sehingga bisa bekerja secara optimal.

Sobatku, Segala sesuatu yang butuh proses membutuhkan keputusan yang pasti dan tidak berubah-ubah. Untuk bisa mengambil keputusan yang pasti kita butuh hati tenang dan untuk bisa tenang butuh penguasaan diri.

Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang. Supaya kamu dapat berdoa, kamu dapat berkerja, kamu dapat berpikir, kamu dapat dgn tenang melakukannya, maka kamu juga dapat melakukan hal-hal yang lain – lain.

BAGAIMANA DENGAN KITA, APAKAH KITA HIDUP DENGAN BIJAKSANA SEHINGGA KITA MAMPU “MENGUASAI DIRI ?

Selamat Berkarya bagi Yesus dan jadilah Berkat bagi org lain.
Selamat hari Senin, hari ke-7 di bulan Januari 2019,.
…Tuhan Yesus Berkati….

Renungkanlah… !

 

Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI. (ISTIMEWA)

*Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI*
Telah di edarkan pada Jemaat2 GKI :
1. Klasis Port Numbay
2. Klasis Sentani
3. Klasis Manokwari
4. Klasis Yapen Seĺatan

 

 

 

Semua dukungan jemaat & bapak/ibu/Sdr/i dengan doa & membeli DVD Emaus Bermazmur akan sangat berarti utk membantu penerjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia, ke bahasa Suku Koròwai & Korowai Batu, di Kabupaten MAPPI, yang rindu membaca Alkitab dengan Bahasa Mereka sendiri.

Tuhan Yesus memberkati.

Executìve Pròducer,  Anthonius Ayorbaba,.
🙏🙏🙏👏👏👏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here