Bahan refleksi kita semua. Ada empat hal penting dan sangat penting untuk kita perhatikan dalam melihat persoalan membangun Papua untuk Orang Asli Papua (OAP).

Pertama, semua anak-anak kepala suku, anak-anak ondofolo, anak-anak ondoafi sukses diatas Tanah Papua. Alasannya, karena moyang dan orangtua mereka Tuhan tetapkan sbg Raja untuk atur umat Tuhan dgn Jujur, damai, tertib dan aman sebelum Injil itu ada diatas Tanah Papua.

Kedua, semua anak-anak penginjil sukses diatas Tanah Papua, sebagian diluar Negeri. Karena injil adalah kekuatan Allah. Injil adalah kebenaran dan kejujuran.

Ketiga; Hampir semua anak Guru-guru dan Mantri sukses diatas Tanah Papua karena kejujuran dalam pelayanan diatas Tanah Papua.

Keempat, semua anak-anak pamong/ penjabat Pemerintahan, Polisi dan TNI yg bekerja jujur diatas Tanah Papua sukses disemua bidang di Tanah Papua karena Kejujuran dalam pelayanan, tidak korupsi dan jujur bicara.

Bukti nyata diatas Tanah Papua. Hampir semua anak2 para pejuang kebenaran dan para pekerja jujur seperti, Kepala suku, Penginjil, Guru, Mantri, PNS, TNI/POLRI semunya Tuhan berkati menjadi pucuk Pimpinan politik dan sukses dalam semua aspek kehidupan diatas Tanah Papua.

Rahasianya! Kita Bicara Jujur dan Bekerja Jujur diatas Tanah Papua.
Pesan ini untuk OAP dan Non-OAP “Barang Siapa yang bekerja di Tanah ini dengan setia, jujur dan dengar-dengaran, maka ia akan berjalan dari tanda heran yang satu ke tanda heran yang lain.” (Pdt. I.S. Kijne, 1947.)

Pesan ini untuk khusus OAP.

“Di atas batu ini, saya meletakkan Peradaban Orang Papua. Sekalipun orang memiliki kepandaian tinggi, akal budi dan marifat tetapi tidak dapat memimpin bangsa ini, bangsa ini akan bangkit dan memimpin dirinya sendiri” (Wasior, 25 Oktober 1925).

Pekerjaan kita hari ini akan menentukan masa depan anak-anak kita diatas Tanah Papua. Hari ini kita sedang menikmati dan melihat tanda heran atas jerih payah orang tua kita.

Jangan sekali-kali atas nama apapun hancurkan nilai-nilai Adat Istiadat orang Papua dan Gereja-gereja orang Papua. Jangan sekali-kali merubah dan menghancurkan kedua lembaga yang Tuhan tetapkan diatas Tanah Papua dengan alasan menguasai, mengontrol untuk mencapai tujuan yg tidak menyatukan orang Papua diatas Tanahnya.

Terima kasih dan Tuhan Jesus memberkati kita semua. Salam Bicara Jujur dan Bekerja Jujur diatas Tanah Papua.

Lombok, Senin, 7 January 2019
Samuel Tabuni,cs
The Spirit of Papua