Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang Mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.

      ….1 SAMUEL 2 : 3….

 

KESOMBONGAN

 

Sobatku, MENGINGATKAN kembali bahwa ada sebuah cerita ketika mengisi liburan seorang Professor memancing ikan ke tengah lautan dengan mencarter perahu kecil seorang nelayan, sambil menikmati perjalanan ia berdialog dengan nelayan yang mengantarkannya: “Apa kamu bisa berbahasa Inggris ? tanya sang professor kepada si nelayan.”

Caption Foto : Kakanwil Kemenkumham Papua Barat, Anthonius Ayorbaba, usai Mengikuti Deklarasi Janji Kinerja & Penanda tanganan Fakta Integritas, yang di saksikan oleh, Menteri Hukum & HAM, MENPAN RB, & Ketua Ombusdman RI, yang dilakukan pada Hari Senin 03 Januari 2019 di Kantor Kementerian Hukum & HAM RI di Jakarta (Foto Pribadi)

Jawab si nelayan :

Wah, terus terang saja saya tidak sempat belajar bahasa Inggris karena saya hanya belajar sampai SMP dan kemudian menjadi nelayan, jawab si nelayan dengan ringan dan sedikit malu – malu.

Kata profesor :

Rugi sekali kamu tidak bisa bahasa Inggris, sebab dengan bahasa Inggris kamu bisa mempelajari aneka ilmu, berkeliling dunia, merantau dan bisa menjadikan kamu kaya raya.

 

Sebaliknya jika kamu tidak bisa bahasa Inggris berarti kamu sudah kehilangan 50% hidupmu, kata sang profesor dengan  nada yang mulai menampakkan keunggulan dan kesombongannya.

Kemudian sang profesor bertanya lagi, Kalau ilmu matematika kamu bisa tidak ?

Dengan malu yang makin besar, maka suara lirih sang nelayan menjawab parau, Apalagi ilmu matematika, dengan bekal cuma lulusan SMP pasti tidak tahu banyak tentang Matematika.

Rupanya jawaban si nelayan menjadikan sang profesor makin besar kepala dan senyum – senyum merendahkan.

Sobatku, disaat sang profesor bercerita dengan  nelayan.

Tiba- tiba cuaca berubah menjadi mendung, angin bertiup dgn kencang, ombak tinggi dan hujan bercampur angin kencang menerpa perahu kecil itu, dan apa yang terjadi….?

Melihat kondisi ini sang profesor sangat ketakutan dan ia pegangan erat – erat di dalam perahu yg kecil tersebut.

Dan sang nelayan berkata:

“Tenang saja prof, ombak tidak akan membinasakan kita, ini sudah biasa terjadi kalau cuaca buruk seperti ini, celetuk si nelayan.”

Dan si nelayan berkata dengan lebih keras lagi karena ombak semakin besar menghantam perahayu tersebut dan berkata:

“Prof…. !  Jika ombak menghempaskan perahu kita, kita tinggal berenang beberapa ratus meter dari sini, maka kita akan sampai ke daratan pantai tambah si nelayan”.

Sobatku, apa yang terjadi setelah sang Profesor mendengar ucapan itu, semakin takutlah sang profesor dan mendekap erat kepada si nelayan sambil berkata :

“Justru karena saya tidak bisa berenang, maka saya takut jika perahu ini terbalik dan ombak menghempaskan kita di tengah laut.

 

Jawab Nelayan :

“Wah percuma kamu jadi profesor, tapi tidak bisa berenang, kalau tidak bisa bahasa Inggris dan Matematika hanya akan kehilangan 50% hidup. Tetapi jika saat ini profsesor tidak bisa berenang, maka prof akan kehilangan 100 % hidupmu. Dengan tertunduk malu sang Profesor menyadari akan kesombongannya.

Sobatku yang Yesus kasihi, apa yang dapat kita petik dari kisah di atas ?

Tetap bersabar dan rendah hati, sebab terkadang orang yang kita hadapi ternyata lebih hebat dari kita, karena setiap orang punya kelebihan dan kekurangan.

 

I N G A T …..!

Tidak perlu menyombongkan diri akan kelebihan yang kita miliki dan dengan mudah kita merendahkan kekurangan orang lain, bila mampu hendaklah kita saling melengkapi, maka Ketidak kesempurnaan akan menjadi sempurna dan membawa manfaat bagi kita.

 KESOMBONGAN AKAN MEMBAWA KITA KEJATUHAN YANG SEMAKIN MENDALAM.

 Renungkanlah….!

Selamat memasuki hari ke-5 di Bulan Januari, Teruslah Berkarya bagi Yesus dan jadilah Berkat bagi org lain.

 

Tuhan Yesus Berkati…

 

Vokal Grup Emaus Bermazmur

*Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI*

Telah di edarkan pada Jemaat2 GKI :

  1. Klasis Port Numbay
  2. Klasis Sentani
  3. Klasis Manokwari
  4. Klasis Yapen Seĺatan

 

Semua dukungan jemaat & bapak/ibu/Sdr/i dengan doa & membeli DVD Emaus Bermazmur akan sangat berarti utk membantu penerjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia, ke bahasa Suku Koròwai & Korowai Batu, di Kabupaten MAPPI, yang rindu membaca Alkitab dengan Bahasa Mereka sendiri.

 Tuhan Yesus memberkati

 Executìve Pròducer,  Anthonius Ayorbaba,.

🙏🙏🙏👏👏👏