Renungan Harian : Hari Gini, Bikin Dosa ?

0
430

Yesaya 10:20-34; Roma 15:4

”Suatu sisa akan kembali, sisa Yakub akan bertobat di hadapan Allah yang perkasa.”
(Yesaya 10:21)

Hari gini masih bikin dosa? Nggak lagi lah…! Kita harus tinggalkan kebiasaan buruk kita. Menjelang akhir tahun 2018 ini kita harus terus melangkah ke depan, dan jangan ada lagi kemunduran. Kita harus siap untuk menyongsong tahun 2019.

Kita harus siap untuk adanya perubahan yang besar di dalam kehidupan kita secara pribadi. Menuju kepada Tahun Rahmat dan Damai Sejahtera, serta menyosong Indonesia Baru dengan Tahun Pembebasan dari segala tekanan yang menghimpit ini.

Sebagai kilas balik di dalam kehidupan kita, mari kita ambil contoh di dalam kitab Keluaran, saat Musa menerima panggilan untuk membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir.

Setelah melampaui beberapa peristiwa seperti: menyeberangi laut Teberau, berada di Mara, semua yang mereka alami adalah peristiwa untuk kita renungkan.

Berada dimanakah kita saat ini? Jika ingin masuk ke Elim, maka kita tidak boleh bersungut-sungut. Kita harus bersukacita dimanapun kita berada. Mengucaplah syukur dalam segala keadaan.

Seringkali kita mengikuti jalan kita sendiri. Sadar atau tidak sering kali kita merasa berat dalam melampaui kehidupan ini.

Mengapa bisa begitu? Karena kita tidak mengikuti jalan yang Tuhan tunjukkan kepada kita, seperti bangsa Israel pada saat hendak masuk ke tanah perjanjian, Kanaan. Sebagian besar dari mereka bersungut-sungut dan mereka pula yang akhirnya tidak masuk kedalam tanah Kanaan. Tetapi yang menikmati masuk ke dalam tanah perjanjian adalah mereka yang benar-benar tunduk dan taat kepada pimpinan Tuhan melalui hamba-Nya Musa.

Jika kita sudah seringkali mendengar cerita ini, tetapi kita tidak meresponi atau tidak mengerti arti dari keluarnya bangsa Israel dari tanah Mesir, segeralah sadar. Mesir adalah gambaran dari kehidupan kita yang lama, sedangkan Kanaan adalah kehidupan kita yang baru bersama Tuhan Yesus.

Renungan :

Janganlah bersungut-sungut, ikutlah jalan Tuhan. Semua disediakan bagi kita yang mengasihi DIA. Ingatlah tuntunan kepada bangsa Israel.

Mereka menikmati Manna, daging burung puyuh, minum dari dua belas mata air dan makan buah korma di Elim. Jadi jangan berbuat dosa lagi supaya segera kita masuk dalam hadirat Tuhan kita Yesus Kristus.

Buang semua “sampah” dalam hidup Anda dan berlarilah pada panggilan surgawi. (MULTIMEDIA DEPARTMENT GRAHA BETHANY NGINDEN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here