Gubernur Lukas Enembe Putuskan Dana Otsus Papua Akan Dikelola Badan Baru

1
868
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., saat memberikan keterangan pers. (FOTO ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  Gubernur Papua,  Lukas Enembe memutuskan akan membentuk badan baru yang bertugas mengelola dana otonomi khusus. Badan yang nantinya diisi oleh Orang Asli Papua (OAP) tersebut, diharapkan mampu memaksimalkan penyaluran serta pengelolaan dana tersebut.

“Badan baru ini yang pasti akan kelola semua dana Otsus mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat serta infrastruktur”.

“Uniknya lagi penempatannya akan diisi semuanya oleh OAP. OAP juga yang akan mengerjakannya.  Ini sudah final sebab nantinya seluruh dana otsus akan dikelolah disitu dan tidak boleh dikelola oleh dinas lain,” terang Lukas Enembe, di Jayapura, kemarin.

Sebelumnya, Anggota DPR Papua, John NR Gobai meminta, kepada Gubernur Papua membentuk badan yang khusus untuk menangani dana Otsus yang dipastikan bakal berakhir pada 2021 mendatang.

Organisasi perangkat daerah tersebut, juga diharapkan berfungsi memaksimalkan pelaksanaan otonomi khusus sampai kepada penyediaan regulasi yang jelas sesuai amanat UU.

John NR Gobai, Anggota DPR Papua, saat diwawancara. (Rambat/HPP)

Diantaranya, pemberdayaan ekonomi orang asli Papua yang tepat serta pemberdayaan masyarakat adat melalui lembaga lembaga adat, suku maupun dewan adat.

Badan Otsus ini juga diharapkan bekerja sesuai dengan amanat UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus bagi Papua, yang didalamnya menyiapkan grand desain jelang tahap kedua Otsus.

“Kita harap Pemerintah Provinsi Papua bisa membuat sebuah badan untuk menangani otsus Papua pada tahun depan. Badan ini tidak boleh digabung ke biro pemerintahan atau pun biro umum. Dia mesti bekerja sendiri supaya lebih maksimal dalam menjalankan tugas pokok maupun fungsinya,” tutupnya. (Harian Pagi Papua)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here