Pemerintah Kabupaten Jayapura Gelar Evaluasi Program Inovasi Desa

0
570
Bupati Jayapura dan Wakil Bupati Jayapura, dalam sebuah kegiatan bersama. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Tim Inovasi Kabupaten yang menjadi pelaku Program Inovasi Desa di Kabupaten Jayapura menggelar evaluasi yang dihadiri seluruh petugas Program Inovasi Desa (PID) di Aula Balai Pertanian Yahim, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (17/12/2018) kemarin pagi.

“Rapat evaluasi yang di gelar ini bertujuan untuk mengecek sampai sejauh mana para petugas menjalankan tugas dan fungsi dalam mendampngi kampung dan distrik dalam hal penyusunan program,” ujar Sekretaris Inovasi Kabupaten Jayapura, Bernard Urbinas, kepada wartawan usai pembukaan Rapat Evaluasi, Senin (17/12/2018) kemarin siang.

 

 

Bernard Urbinas menjelaskan,  bahwa pihaknya selaku tim inovasi kabupaten bertugas melakukan pendampingan dan pengawasan keuangan yang turun ke distrik hingga sampai ke kampung-kampung, baik itu dari aspek penyusunan dan penggunaan.

“Kami berharap agar semua pihak yang terlibat dalam program inovasi desa ini dapat memberikan dukungan terhadap semua proses. Supaya program tersebut,  dapat memberikan hasil yang maksimal dalam pembangunan daerah kedepan,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, mengatakan bahwa pihaknya sangat konsen membangun daerah yang akan di awali dari pembangunan masyarakat di kampung-kampung.

“Melalui evaluasi ini, kami harapkan para petugas PID kembali ke masing-masing dan menerapkan hasil evaluasi. Terutama, masyarakat kampung diarahkan dapat membangun kampung dengan program-program yang bersifat fokus,” harapnya.

Bupati Mathius menjelaskan, sampai dengan saat ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura gencar-gencarnya mendorong untuk memasuki tahun 2019 sebagian kewenangan dapat di serahkan kepada distrik untuk menjadikan distrik sebagai pusat data, pusat pelatihan, pusat pemberdayaan dan pusat informasi.

Dirinya menjelaskan, dengan mengarahkan pembangunan kampung pada suatu fokus maka keberhasilan kampung akan nampak.

Untuk itu, Pemerintah Kampung di harapkan dapat menyusun dan mengerjakan program harus fokus pada program-program unggulan kampung.

“Dengan fokus maka kita semua, baik kami yang di tingkat kabupaten, di distrik hingga ke kampung-kampung dapat membangun sesuai fokus yang sama. Dengan demikian, akan nampak keberhasilan pembangunan yang terarah dan berkesinambungan,” tandasnya.   (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here