“Penguatan kelembagaan LPTQ, profesionalitas pengelolaan organisasi, kemampuan sumber daya dan dana LPTQ juga perlu mendapat perhatian yang besar dan serius,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro dalam sambutannya saat membuka kegiatan Musyawarah Kerja (Musker) VI LPTQ Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (18/12/2018) kemarin pagi. Tampak suasana pembukaan kegiatan. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) perlu mengaktualisasikan perannya seiring dengan perubahan yang berlangsung di tengah masyarakat.

Salah satu upaya untuk itu adalah dengan lebih mengoptimalkan program-program LPTQ yang telah ada.

Menurut Wabup Giri, LPTQ dituntut untuk terus mengembangkan program-program yang dapat dirasakan hasilnya dan manfaatnya oleh masyarakat luas. LPTQ telah menjadi tumpuan dan harapan Umat Islam di Kabupaten Jayapura dalam menciptakan generasi yang Qur’ani, menjadi teladan dan berjiwa kepemimpinan demi mewujudkan peningkatan kualitas umat.

Untuk itu, dirinya berharap agar LPTQ Kabupaten Jayapura sesuai tugas dan fungsinya dapat memberikan pembinaan secara menyeluruh terhadap kelembagaan LPTQ hingga di tingkat taman pengajian baik TPA maupun TPQ yang di kelola oleh masjid dan mushola serta madrasah-madrasah.

 

 

“Melalui momentum Musker LPTQ ke-VI hendaknya dapat melaksanakan peran dan fungsi organisasi atau lembaganya dalam mengevaluasi program kerja secara menyeluruh serta menyusun dan menetapkan program kerja yang dapat diimplementasikan sesuai karakter, kondisi dan tantangan yang dihadapi,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Giri menyampaikan ucapan terima kasih dan juga memberi apresiasi kepada ketua dan seluruh pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura periode 2013-2018 yang telah berhasil menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-XXVI tingkat Provinsi Papua tahun 2016 lalu, dimana Kabupaten Jayapura menjadi tuan rumah yang baik.

“Kami berharap agar prestasi-prestasi yang pernah terukir hendaknya tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan oleh pengurus LPTQ yang terpilih pada musyawarah kerja saat ini, sehingga keberadaan LPTQ dirasakan manfaatnya di tengah-tengah keberagaman yang dimiliki oleh masyarakat di daerah ini,” harapnya.

Wabup Giri menegaskan, melalui Musker ke-VI LPTQ Kabupaten Jayapura tahun 2018 dapat merumuskan dan menghasilkan program kerja dan keputusan-keputusan yang spesifik, penting dan mendasar bagi peran dan fungsi LPTQ kedepan serta memilih pengurus baru yang mampu melakukan dan mengimplementasi sejumlah program. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here