SENTANI (LINTAS PAPUA) – Keluarga besar Polres Jayapura merayakan Natal bersama masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Jayapura di Aula Obhe Reay May (Rumah Perdamaian) Mapolres Jayapura, Selasa (18/12/2018) kemarin sore.

 

Hadir dalam kegiatan itu Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK.,  MH, M.Si, Wakapolres Jayapura Kompol Iip Syarif Hidayat, S.H., Kabag Ops Polres Jayapura AKP Praja Gandha Wiratama, S.IK, Danramil 1701-01/Sentani Mayor Inf. Jhon F. Dahar, S.H., Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, tokoh gereja, para kabag, para kasat, perwira dan perwakilan dari masing-masing satuan dan fungsi.

 

Kegiatan perayaan Natal ini rutin setiap tahun dilaksanakan oleh Polres Jayapura, untuk tahun ini perayaan Natal dilaksanakan dengan sederhana namun tetap meriah dan makna perayaan Natalnya tetap dikedepankan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia,  Iptu Lambertus L. Sattu, SH.

 

Dalam pelaksanaan perayaan Natal Polres Jayapura kali ini mengambil sorotan tema, “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita”. (I Korintus 1:30). “Dengan Hikmat Dari Tuhan Yesus Kristus Menjadikan Anggota Polres Jayapura Sebagai Pelayan yang Penuh Kasih Dalam Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Serta Lebih Spesifik Lagi”, dengan sub thema, “Hikmat Natal Menjadikan Polri Profesional, Modern dan Terpercaya”.

 

“Jadi, perayaan Natal Polres Jayapura ini bertujuan untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus di dalam tubuh Polri lebih khusus Polres Jayapura, juga membina anggota Polres Jayapura untuk berperan aktif dalam pelayanan publik dengan zona integritas wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani,” Ketua Panitia,  Iptu Lambertus L. Sattu, SH.,  pria yang akrab disapa Bertus ini dalam laporannya.

 

Sementara itu, Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, menyampaikan, apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya Natal bersama masyarakat dan Forkompimda Kabupaten Jayapura.

 

“Ya, hari ini (kemarin sore) dari Polres Jayapura merayakan Natal bersama untuk seluruh personil dan juga bersama masyarakat serta Forkompimda,” katanya.

 

“Kami berharap dalam suasana Natal ini ada hikmat yang selalu datang dari Tuhan, untuk kita sebagai hamba-hamba-Nya di dalam melakukan pengabdian dan juga melayani,” sambung AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si.

 

Selain itu, melalui kasih Natal ini, Kapolres Victor berharap, agar terus terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya di bulan Desember ini, serta agenda kamtibmas lain ke depannya.

 

“Kami mengharapkan semua pihak untuk bersama Polres Jayapura menjaga situasi kamtibmas yang kondusif sampai dengan proses perjalanan hidup kita. Apalagi tantangan ke depan yang akan kita hadapi adalah di tahun 2019 ada kegiatan pesta demokrasi, maka itu kita berharap bisa berjalan selalu dengan hikmat yang datangnya dari Tuhan. Agar kita bisa melaksanakan pesta demokrasi baik Pileg maupun Pilpres ini dengan lancar dan sukses,” harapnya.

 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, “Sangat berterima kasih atas undangan dari Polres Jayapura dalam perayaan Natal ini. Saya sangat setuju dengan apa yang dikerjakan oleh Polres Jayapura terkait merubah paradigma. Jadi, kita merubah paradigma Kepolisian yang dulu di jaman Orba itu juga menjadi salah satu angkatan bersenjata. Namun sekarang reformasi inikan jiwanya harus sipil ya, walaupun dilengkapi dengan perlengkapan Negara,” ucapnya.

 

“Nah, ini yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam pelayanan. Dan, di Kabupaten Jayapura sudah teruji pelayanan-pelayanan dari (Kepolisian) ini sudah banyak berubah, dengan kita bisa sama-sama melihat bahwa Polres Jayapura mendapat beberapa piagam penghargaan dengan kinerja,” tukas Wabup Giri. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)