Indonesia Transformasi Robotic menuju Revolusi Industri 4.0

0
243
Acara yang bertujuan untuk mengenalkan Robot Service Artificial Intelligence ini dibuka oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden Direktur Pusat Robot Indonesia Jully Tjindrawan. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara membuka acara secara resmi dengan menekan tombol pada robot Alice yang memiliki kemampuan berkomunikasi. Sabtu (15/12/2018). (ISTIMEWA)

JAKARTA (LINTAS PAPUA)  – Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Pusat Robot Indonesia hari ini menggelar konferensi pers bertajuk “Transformasi Robotic menuju Revolusi Industri 4.0” di Gedung Serbaguna Kementerian Kominfo, Sabtu (15/12/2018)

Acara yang bertujuan untuk mengenalkan Robot Service Artificial Intelligence ini dibuka oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden Direktur Pusat Robot Indonesia Jully Tjindrawan.

Menteri Komunikasi dan Informatika,  Rudiantara membuka acara secara resmi dengan menekan tombol pada robot Alice yang memiliki kemampuan berkomunikasi. Sabtu (15/12/2018)

Konferensi Pers juga dihadiri oleh Ketua Apkomindo Soegiharto Santoso, Penasehat Iwapi Dewi Moetik, dan pakar IT/marketing James Gwee dan sejumlah tamu undangan serta tentunya rekan-rekan media.

Setidaknya ada lima robot yang diluncurkan hari ini. Fungsinya berbeda-beda mulai dari mengantarkan makanan, pelayanan pelanggan (customer service), pemetaan lokasi sampai pendamping belajar.

Dalam sambutannya Menkominfo mengatakan bahwa Indonesia masih kurang dalam menyediakan SDM yang terampil dalam bidang digital. Untuk itu pemerintah menyiapkan program Digital Talent Scholarship untuk menghasilkan SDM yang sesuai dengan standar internasional, termasuk ke depannya untuk teknologi robotik.

Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Kita perlu menyiapkan diri untuk menguasai teknologi terutama di erat saat ini yaitu era Revolusi Industri 4.0. Tidak perlu takut untuk digantikan oleh robot karena pekerjaan yang bersifat intelligence itu akan tetap dilakukan oleh manusia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here