Renungan Pagi : ARTI PERSAHABATAN

0
818
Perayaan Natal Yesus Kristus, Bagi Pegawai & Warga Binaan & keluarga di Jemaat Santo Paulus Lapas Klas IIA Palangka Raya,. (Foto Pribadi)

Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.
….GALATIA 6:2….

*ARTI PERSAHABATAN*

Sobatku, bukankah didalam hubungan persahabatan ada kalanya teman akan membutuhkan pertolongan kita?. Namun, tidak jarang hal ini menyebabkan kita mulai menilai rendah teman.

Terkadang kita merasa derajat kita lebih tinggi dan bahkan ada sifat ingin menguasai mereka. Padahal menolong teman merupakan sesuatu hal yang baik dan sesuai dengan perintah Tuhan.

Anthonius Ayorbaba, bersama Isterinya, Pdt. Naomi Maloringan, S.Th., Terus Setia Melayani Tuhan dimana saja berada. Kini menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Papua Barat. (Foto Istimewa)

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadu lemah.(Gal.6:9)

Apakah selama ini kita menolong dengan cara2 yang mulia? Apakah cara kita menolong tidak mengurangi harga diri teman kita?

Apakah setelah kita menolong mereka, dan mereka masih memiliki sisa harga diri di hadapan kita. Jika jawabannya tidak, maka nilai persahabatan kita harus di evaluasi lagi.

 

 

Tuhan tidak memerintahkan kita menolong teman untuk membuat mereka kehilangan harga diri. Kita harus mampu menolong mereka tanpa mengurangi harga diri mereka saat menerima pertolongan atau pemberian kita.

Sobatku, Bukan karena kita merasa lebih kuat dan mampu, lalu kita dapat menguasai orang lain. Karena hanya Tuhanlah yang berhak untuk menguasai hidup seseorang.

Sebaliknya tidak merendahkan dan menguasai kala menolong teman yang membutuhkan bantuan kita. Yang Tuhan inginkan adalah kita harus tetap mempertahankan nilai kehormatan mereka sebagai teman.

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.(Kol 3:23)

Sobatku, Ingatlah bahwa dalam persahabatan diperlukan rasa tolong menolong. Ada kalanya teman yang butuh pertolongan kita, ada kalanya pula kita yang membutuhkan pertolongan teman.

Mari…. Bersikaplah seperti sahabat yang memelihara keadilan dan ketulusan dalam bersikap, meskipun teman kita sedang ada di bawah. Alangkah mulianya jika nilai persahabatan kita tetap utuh dengan kemurnian persahabatan.

Ingatlah bahwa dalam menjalani kehidupan ini, kita tidak selama berada dalam keadaan yang baik dan kita tidak ketahui apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita melakukan perbuatan yang baik kepada semua orang dengan saling tolong menolong di dalam Tuhan.

SUDAHKAH KITA MELAKUKAN PERBUATAN BAIK UNTUK TUHAN BAGI SESAMA KITA ?

 Renungkanlah… !

Selamat Berkarya bagi Yesus dan jadilah Berkat bagi semua orang,.
…Tuhan Yesus Berkati…

Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI. (ISTIMEWA)

*Dukung & Doakan VG Emaus Bermazmur, Vol.2, PEDULI KOROWAI*
Telah di edarkan pada Jemaat2 GKI :
1. Klasis Port Numbay
2. Klasis Sentani
3. Klasis Manokwari
4. Klasis Yapen Seĺatan

 

 

 

Semua dukungan jemaat & bapak/ibu/Sdr/i dengan doa & membeli DVD Emaus Bermazmur akan sangat berarti utk membantu penerjemahan Alkitab dari Bahasa Indonesia, ke bahasa Suku Koròwai & Korowai Batu, di Kabupaten MAPPI, yang rindu membaca Alkitab dengan Bahasa Mereka sendiri.

Tuhan Yesus memberkati.

Executìve Pròducer,  Anthonius Ayorbaba,.
🙏🙏🙏👏👏👏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here