JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Penyerahan DIPA tahun 2019 ini dilakukan lebih awal agar pelaksanaan pembangunan serta pencairan anggaran di provinsi papua dapat lebih baik lagi dari tahun 2018.
Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM., saat menghadiri kegiatan penyerahan DIPA petikan dan daftar  alokasi dana desa tahun anggaran 2019 dikantor Gubernur, Jumat (14/12/2018).
“Penyerahan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN tahun 2019 yang telah disepakati oleh DPR bersama Pemerintah, APBN tahun 2019 mengambil tema APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan. ” tutur klemen Tinal.
Diakuinya juga bahwa sebagaimana yang disampaikan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua dalam APBN tahun 2019 bahwa alokasi belanja negara untuk Provinsi Papua ditetapkan sebesar Rp 61,99 triliun dengan rincian alokasi belanja kementerian negara/lembaga sebesar Rp 15,11 triliun dan alokasi transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 46,88 triliun dan nominal ini meningkat dibandingkan tahun anggaran yang sebelumnya. Peningkatan ini perlu dibarengi dengan peningkatan profesionalisme,efektivitas juga efisiensi dalam pelaksanaan anggaran.
” Kementerian Negara/Lembaga dapat memulai proses lelang proyek-proyek dan kegiatan tahun 2019 segera setelah menerima DIPA, dan selanjutnya segera dilakukan penandatanganan kontrak/perjanjian kerja sehingga kegiatan dapat langsung dilaksanakan pada awal tahun 2019. ” ungkapnya.
Ia juga melanjutkan, bahwa sebagaimana arahan dari Presiden RI bahwa seluruh aparatur Pemerintahan agar mampu menjaga amanah setiap rupiah anggaran yang dikumpulkan dari pajak dan penerimaan negara bukan pajak dan dimanfaatkan untuk kegiatan yang memberikan nilai tambah kepada pembangunan serta mensejahterakan rakyat.
“Pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan untuk tahun 2019 agar segera dimulai dan dikoordinasikan, sehingga tidak tumpang tindih dan tidak menumpuk diakhir tahun anggaran, oleh karena itu perlu disiapkan langkah-langkah nyata agar anggaran dan kegiatan dapat dilaksanakan sejak awal tahun. ” tandasnya. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here