Belasan Mama – Mama Papua Belajar Internet dan Komputer di Sanggar Belajar Perempuan Klaufun Kota Sorong

0
708
Suasana Foto Bersama, Noken Institut bekerjasama dengan Sanggar Belajar Perempuan Papua Klaufun Kota Sorong, melaksanakan Pelatihan Komputer dan Internet bagi anggota Sanggar Klafun. Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu kamis 7 sampai 9 Desember 2018. Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta. (Markus Imbiri / lintaspapua.com)

KOTA SORONG (LINTAS PAPUA)  –  Noken Institut bekerjasama dengan Sanggar Belajar Perempuan Papua Klaufun Kota Sorong, melaksanakan Pelatihan Komputer dan Internet bagi anggota Sanggar Klafun.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu kamis 7 sampai 9 Desember 2018. Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta.

Menurut Direktur Noken Institut, Edison Baransano bahwa pelatihan ini penting bagi pengembangan dan kreativitas mama-mama Papua pada era digital marketing saat ini.

“Mama-mama selain menjahit, bikin kue, anyam noken dan lain-lain harus juga mengenal komputer dan internet, agar bisa juga jualan atau menerima pesanan lewat internet”, ucap Edison Baransano, Minggu (9/12/2018)

Latihan ini dilaksanakan di Sanggar Klafun Kota Sorong dengan menghadirkan pengajar dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sementara itu, Markus Imbiri sebagai pengajar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan ini patut menjadi contoh bagi Pemerintah  maupun Swasta dalam hal pemberdayaan.

“Ini adalah bagian daripada kebangkitan Orang asli Papua menyesuaikan diri terhadap situasi zaman saat ini, dimana mama-mama adalah titik sentral pergerakan kehidupan manusia, jadi patutlah kita mendukung dengan pelatihan ini, saya sebagai pengajar akan selalu berbagi ilmu yang saya miliki kepada mereka yang memerlukannya”, harap Markus Imbiri.

 

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini, diisi dengan materi pengenalan, dasar-dasar komputer, microsoft office, sosial media dan website.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Sanggar Belajar Perempuan Papua “Klafun”,  Frida Tabita Klasin, SH.

“Kami berterimakasih dengan adanya pelatihan ini, harapannya sanggar harus dapat menjembatani pengetahuan yang memang dibutuhakan oleh anggotanya dalam hal ini perempuan dan anak Papua. Salah satu media yang cepat dapat memberikan pengetahuan adalah pelatihan komputer ini. Harapan pun sama pada Noken Institut agar kedepannya apa yang dibutuhkan oleh anggota Sanggar “, harap Frida Tabita Klasin.

Harapan lain juga bahwa dengan adanya pelatihan dampak yang didapatkan, membuktikan bahwa perempuan Papua juga bisa.

 

“Perempuan Papua juga bisa, kami di Sanggar Klafun sudah punya anggota, baik pemuda dan juga ibu rumah tangga. Ini adalah langkah awal, sekiranya dapat berkelanjutan. Kami akan terus mengembangkan kepada anggota Sanggar, tetapi juga akan turun ke kampung-kampung” paparnya.

Ucapan terimakasih juga dikatakan oleh Mama Yemima Baab/Kalagison.

“Kami Mama-mama berterimakasih dengan pelatihan ini, sekiranya apa yang telah kami dapat dapat bermanfaat bagi kami, sekalipun tidak secara menyeluruh namun bertahap kami bisa mengoperasikan komputer” ucap Mama Yemima Baab, sebagai peserta. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian sertifikat dan ramah tama. (Markus Imbiri / lintaspapua.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here