Pemprov Papua Imbau Masyarakat Periksa Diri Hindari Penularan HIV – AIDS

117

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk memeriksakan diri sedini mungkin guna menghindari penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Aqcuuired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS).

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua,  Doren Wakerkwa mengatakan, bahwa selain minuman beralkohol, HIV/AIDS juga menjadi penyebab tingginya angka kematian masyarakat Bumi Cenderawasih.

“Jangan menunggu hingga stadium empat atau sudah parah baru memeriksakan diri dan pergi ke rumah sakit, sehingga pada akhirnya tidak dapat tertolong,” ujar Doren Wakerkwa, , di Jayapura, Kamis.

 

Menurut Doren, kebiasaan seperti inilah yang pada akhirnya menyebabkan banyak orang Papua masuk ke rumah sakit bukannya keluar menjadi sembuh, justru sebaliknya.

 

“Untuk itu, perlu ada sinergitas antara dinas kesehatan, rumah sakit hingga Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) setempat guna mensosialisasikan betapa pentingnya memeriksakan kesehatan guna menghindari penularan virus tersebut,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan kondisi Papua kini diklaim sedang dalam “darurat AIDS” sehingga harus ada upaya menekan agar tidak banyak orang lain yang tertular.

 

“Sikap dan perilaku hidup sehat serta setia pada satu pasangan menjadi salah satu langkah termudah untuk terhindar dari virus mematikan ini,” katanya lagi.

 

Dia menambahkan dengan adanya sinergitas antara instansi dan lembaga yang terkait, diharapkan angka prevalensi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dapat terus menurun. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )