Sekda Hery Dosinaen : Pejabat Papua Wajib Ikut Diklatpim di BSDM Papua

0
460
Suasana Pejabat Pem Pejabat Pemerintah Provinsi Papua dinyatakan lulus Pelatihan Kepemimpinan TK II Angkatan XXII. Sekretaris Daerah (Sekda) Pamerintah Provinsi Papua dinyatakan lulus Pelatihan Kepemimpinan TK II Angkatan XXII, tampak Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan saat berjabat tangan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –   Sekretaris Daeah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, mengintruksikan kepada seluruh pejabat Papua yang akan mengikuti Diklatpim II tidak perlu pergi ke luar Papua. Sebab, pelaksanaan Diklatpim II sudah bisa dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua.

 

Menurut Sekda,  Pemerintah Provinsi Papua akan menyurati Bupati dan Walikota, agar pejabat yang akan mengikuti Diklatpim II tidak harus pergi ke pulau Jawa, cukup di Jayapura.

“kita sudah berkoordinasi dengan kepala Lembaga Administrasi Negara Indonesia, nanti ada instruksi gubernur kepada kepala daerah kabupaten/kota,” ujar Sekda kepada wartawan disela-sela kegiatan penutupan diklatpim II di Jayapura, Rabu, (5/12/2018).

Caption Foto : Suasana Pejabat Pem Pejabat Pemerintah Provinsi Papua dinyatakan lulus  Pelatihan Kepemimpinan TK II Angkatan XXII. Sekretaris Daerah (Sekda) Pamerintah Provinsi Papua dinyatakan lulus  Pelatihan Kepemimpinan TK II Angkatan XXII. Sekretaris Daerah (Sekda) Papua. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

Sekda mengatakan, diklatpim II di Jayapura ini merupakan satu terobosan Papua dibawah kepemimpinan gubernur dan wakil gubenrur Lukas Eneme-Klemen Tinal, dengan visi misi Papua bangkit, mandiri Sejahtera dan berkeadilan, salah satunya adalah kebangkitan aparatur sipil negara, dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui diklat-diklat ke depan.

 

Oleh karena itu, Sekda berharap, tahun 2019 nanti, diklatpim II bisa dilaksanakan kembali di Papua untuk dua angkatan.  “tahun depan rencana buka untuk dua angkatan, kita berhadap dukungan dari  Lembaga Administrasi Negara,” ungkapnya.

 

Sekda berharap, kabupaten dan kota se Papua tahun depan dapat mengirim perwakilannya.  Sebab, jika mengikuti diklatpim di luar Papua, jelas pembiayaan akan lebih besar, karena pada saat diklatpim itu ada kelas on dan off.

 

Dengan demikian, jika kelas off, maka peserta akan membutuhkan transportasi yang cukup besar untuk kembali ke daerah. Namun, ketika mengikuti diklat di Jayapura, maka biaya akan lebih murah.

 

“Pemberitahuan secara resmi dari gubernur kepada bupati dan walikota akan segera dikirim, sehingga pejabat dari kabupaten/kota yang mau ikut diklatpim II bisa datang ke Jayapura tahun depan,” ujarnya.

 

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Indonesia Ady Suryanto, kepada pers mengatakan, mendukung Pemda Papua melaksanakan diklatpim II di Jayapura. “saya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pemda Papua melaksanakan diklatpim II ini,” ucapnya.

 

Kepala LAN menambahkan, akan melakukan koordinasi dengan Pemda Papua untuk pelaksanaan diklatpim II tahun depan. Sebab, katanya, Papua sudah memiliki  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, sayang jika tidak diberdayakan, apalagi fasilitas yang dimilki juga sangat baik. “kita akan mendorong semua pemda kabupaten/kota di Papua untuk mengikuti diklatpim II di Jayapura,” tegasnya.

 

Ditambahkan, LAN akan menyurati BPSDM luar Papua untuk tidak menerima peserta diklatpim II dari wilayah Papua.  kecuali kelasnya sudah penuh, baru bisa mengikuti diklat di luar Papua. “kalau gubernur sudah mengeluarkan aturan melarang peserat diklatpim II dari Papua, tentu kita akan mendukung,” pungkasnya. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here