Perkebunan Papua Siapkan Bibit Benih Unggul Sukseskan PON XX 2020

0
635
Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan akan digunakan untuk Pembukaan PON XX 2020, Suasana Terbaru dari Foto Tertanggal 8 November 2018 ( Foto Bobby Michael Tauran Facebook)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Papua tengah fokus dalam program penyediaan bibit atau benih unggul dan bermutu guna menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, John Nahumury mengatakan, dalam rapat evaluasi pembangunan perkebunan di Bumi Cenderawasih, pihaknya fokus dalam penyusunan program 2019 sekaligus menyiapkan kegiatan untuk PON 2020.

“Jadi kami fokus pada penyediaan bibit atau benih unggul bermutu pada lima Cluster tempat dilaksanakannya PON 2020 yakni Kota/Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke, Mimika, Nabire dan Jayawijaya,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, John Nahumury, di Jayapura, Selasa (4/12/2018).

Menurut John, jangan sampai di kluster penyelenggara iven olahraga nasional ini ternyata sumber benih yang tersedia tidak ada sehingga harus ada sinergi, maka target lima sukses PON dapat tercapai yakni sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, budaya dan ekonomi.

“Jadi kabupaten/kota di mana bibit atau benih tersedia, maka wilayah itu yang akan kami  eksekusi, atau daerah mana yang memiliki kelompok-kelompok masyarakat dan mampu menyediakan produk turunan dari komunitas perkebunan seperti kelapa dalam, kakao serta sagu akan diberikan perhatian,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kedepan penyediaan benih unggul bermutu yang menghasilkan produk turunan ini dapat dikonsumsi oleh para atlet PON, dijadikan suvenir atau cenderamata dan memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan petani perkebunan.

“Jadi nantinya kelompok masyarakat ini dapat menghasilkan produk berbahan dasar pangan lokal dari perkebunan seperti sagu, ubi, kopi dan kakao yang dapat disiapkan untuk perhelatan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih,” katanya lagi.

Dia menambahkan,  setelah itu, pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah pusat tentang peranan pusat di anggaran 2019 yang bisa membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyukseskan PON XX pada 2020. (Berti Pahabol / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here