Kesbangpol Gelar Sosialisasi Bantuan Keuangan Parpol

41
Ketua Panitia, Dominguez Norotumilena, S.Sos, menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan Program pendidikan politik masyarakat yang mampu meningkatkan kecintaan terhadap negara. Tampak suasana kegiatan sosialisasi di Abepura. (Fransisca /lintaspapua.com )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (KESBANGPOL) Kota Jayapura mengadakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 1 tahun 2019 perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, di Abepura, Rabu (5/12/2018).

Hadir dalam kegiata tersebut sekitar 75 orang, dengan perwakilan setiap partai 3-4 orang. Sementara Pemateri dari Kesbangpol RI untuk memaparkan aturan, pengawasan, pengunaan dan cara pelaporan pengunaan bantuan keuangan berasal dari dana APBD.

Ketua Panitia, Dominguez Norotumilena, S.Sos., menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan Program pendidikan politik masyarakat yang mampu meningkatkan kecintaan terhadap negara

 

“Menumbuhkan kesadaran politik masyarakat dan pendampingan kehidupan Bhineka Tungal Ika bagi Pengurus Parpol, Kader, juga membentuk masyarakat memiliki jiwa demokrasi berintegitas dalam NKRI, dalam memasuki tahun politik 2019.serta terciptanya kematangan Parpol memasuki tahun politik 2019,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM.,  sebelum membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini sangat penting mengikuti sosialisasi ini,  untuk memahami peraturan baru, dan Bagaimana mengaturnya.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., sebelum membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini sangat penting mengikuti sosialisasi ini, untuk memahami peraturan baru, dan Bagaimana mengaturnya. (Fransisca / lintaspapua.com )

“Kita Wajib memahami peraturan yang baru, partai yang mempunyai Andil dalam pembangunan akan mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah,” katanya.

Dirinya mengakui, hal ini penting,  karena menyangkut nilai, ada yang gunakan uang, ada yang mengawasi dari dana APBD.

“Pemerintah memberikan dana ini untuk memahami keadaan perpolitikan, Ikut menjaga kesatuan bangsa ini. dana ini untuk pendidikan partai politik dan operasional partai politik,” tuturnya.

“Semua ada pertangung jawaban ada caranya ada sistemnya akan di sampaikan dalam sosialisasi hari ini,” pungkasnya. (Fransisca / lintaspapua.com )