Kenaikan Pangkat ASN Berdasarkan Kinerja dan Pengabdian

0
320
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw, S.E., M.Si.(Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA)  – Hari Kamis (29/11/2018) lalu Sosialisasi Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penyusunan Laporan Kinerja Akuntabilitas Pemerintah (Lakip), resmi ditutup oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura itu juga dihadiri Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura, Aleks Rumbobiar.

Dalam sambutan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si, yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura, Dr. Timothius J. Demetouw mengajak kepada seluruh peserta untuk menerapkan pengetahuan yang di dapat selama mengikuti sosilisasi dalam lingkup kerja masing-masing.

“Kami berharap dengan berakhirnya sosialisasi KPO dan penyusunan Lakip ini, peserta dapat memahami sistem kenaikan pangkat secara otomatis dan tata cara penyusunan Lakip yang baik dan benar, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Dikatakannya, memahami mekanisme kenaikan pangkat dan penyusunan Lakip sangat dibutuhkan oleh seorang ASN yang bertugas dalam jabatan tertentu. Karena penyusunan yang tepat akan  berdampak pada kinerja pemerintahan yang berkualitas dan transparan.

Menurutnya, Kabupaten Jayapura menerapkan kenaikan pangkat bagi setiap ASN yang bertugas di lingkup Pemerintahan Kabupaten Jayapura berdasarkan kinerja dan pengabdian.

Karena itu, peserta sosialisasi yang menerima pengetahuan tentang KPO dan Lakip diharapkan dapat menerapkan secara konsisten dalam dunia kerja.

“Kami juga berharap kepada semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memberikan pendampingan lanjutan bagi stafnya yang diutus menjadi peserta Sosialisasi KPO dan penyusunan Lakip tersebut, agar ada kesepahaman bersama yang terbangun di OPD masing-masing dan kerjasama antar OPD dan lembaga berkompeten lainnya,” harapnya.

Dirinya menambahkan, peningkatan kinerja dan pengabdian seorang ASN sangat dibutuhkan dalam melakukan semua proses pelayanan publik dan pelayanan kepemerintahan lainnya di era reformasi birokrasi yang sedang berlangsung sesuai dinamika perkembangan.

“Marilah kita bersama-sama turut memperhatikan kinerja dari setiap ASN dalam hal penataan kepegawaian. Sebab, Kabupaten Jayapura dalam pengelolaan program pembangunan yang di jalankan oleh ASN terus mendapat apresiasi dari beberapa lembaga baik itu, lembaga internal pemerintah maupun lembaga eksternal,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here