Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemprov Papua Apresiasi Program USAID Amerika

0
353
Asisten Bidang Umum Setda Papua, Elysa Auri, menyerahkan cinderamata kepada Wakil Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn, usai diskusi bidang pembangunan Kantor Gubernur Dok II, Jayapura, Kamis. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Kinerja dan Partisipasi USAID (United States Agency for International Development ) Perwakilan Indonesia di Bumi Cenderawasih, mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Papua. Sejumlah program itu, diantaranya di bidang pertanian yang dinilai cukup berhasil membangun dan memotivasi petani orang asli Papua (OAP) di Kabupaten Jayapura.

“Kami apresiasi program dari USAID di Papua, karena merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Asisten Bidang Umum Setda Papua, Elysa Auri, saat menerima kunjungan USAID perwakilan Indonesia, di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, kemarin.

Diakui, tentunya kita ingin program USAID di Papua dapat terus berjalan, namun diharapkan adanya dukungan pemkab.

“Agar upaya pemberdayaan masyarakat asli Papua bisa berjalan dengan maksimal,” terang Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri.

 

Sementara itu, Wakil Direktur USAID  Indonesia, Ryan Washburn menegaskan komitmen lembaganya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan  di Papua.

Dimana USAID siap memperkuat akuntabilitas dan hak warga negara serta dalam upaya pemberantasan penyakit menular,  peningkatan akses terhadap air minum yang aman serta sanitasi   yang dikelola dengan aman.

USAID juga mendukung tata kelola penggunaan lahan dan tanaman bernilai tinggi serta mendorong  pembangunan manusia melalui pendidikan tinggi.

”Intinya, USAID menjadi mitra dekat pemerintah Indonesia, khususnya, Pemprov Papua, untuk mendukung agenda pembangunan Papua,” katanya.

“Kami juga berkomitmen dengan Pemprov Papua termasuk pemerintah Kabupaten/Kota serta para tokoh masyarakat. Dimana kami berharap dapat melanjutkan pekerjaan bersama guna membantu  menyediakan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,“ tuturnya.

Diketahui, USAID (Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat) memiliki sejarah panjang dalam membangun kemitraan dengan pemerintah Indonesia di berbagai sektor pembangunan, termasuk di Provinsi Papua.

USAID juga berkomitmen mengakhiri  kemiskinan ekstrem serta ingin mempromosikan masyarakat   supaya menjadi tangguh. Kemitraan USAID juga berupaya membantu masyarakat untuk kemajuan   hingga kemandirian melalui program kerjanya pada berbagai bidang. (Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here