Gempa Alaska 7 Skala Richter : Memicu Tsunami dan Jalan Rusak Berat

0
675
Gempa itu berpusat sekitar tujuh mil (11km) di utara Anchorage, kota terbesar di negara bagian itu, menurut US Geological Survey (USGS). Serangkaian gempa susulan dicatat menyusul guncangan awal, yang memiliki kedalaman 40.9km, kata USGS. Gempa tersebut juga menyebabkan jalan pecah dan struktur lain runtuh. Warga setempat juga berbagi gambar bangunan terbakar setelahnya. (https://www.bbc.com/news/world-us-canada-46403405 )

ALASKA (LINTAS PAPUA)  –   Gempa berkekuatan 7 skala Richter telah menyerang Alaska, menyebabkan orang-orang lari dari gedung-gedung yang memicu peringatan tsunami untuk wilayah pesisir.

Gempa itu berpusat sekitar tujuh mil (11km) di utara Anchorage, kota terbesar di negara bagian itu, menurut US Geological Survey (USGS).

Serangkaian gempa susulan dicatat menyusul guncangan awal, yang memiliki kedalaman 40.9km, kata USGS.

Gempa tersebut juga menyebabkan jalan pecah dan struktur lain runtuh. Warga setempat juga berbagi gambar bangunan terbakar setelahnya.

 

Sekitar 300.000 orang tinggal di Anchorage dengan 100.000 di daerah sekitarnya.

Gempa dilaporkan pada pukul 08.29 waktu setempat (17.29 GMT), USGS menambahkan. Salah satu gempa susulan yang lebih kuat yang terjadi beberapa menit kemudian memiliki kekuatan 5,7. Sejauh ini, para pejabat telah mendaftarkan 40 gempa susulan: 10 dengan magnitudo di atas 4,0 dan tiga dengan magnitudo di atas 5,0, Pusat Gempa Alaska melaporkan. “Guncangan susulan sangat menegangkan, tetapi kami ingin menekankan bahwa mereka adalah apa yang kami harapkan untuk gempa seperti ini,” kata pusat itu dalam sebuah tweet.

 

Gempa itu dijemput oleh seismometer di seluruh negeri di Boston, ribuan mil jauhnya. Peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk Cook Inlet dan daerah Semenanjung Kenai selatan kemudian dibatalkan. Gubernur Alaska Bill Walker telah mengeluarkan deklarasi bencana.

Presiden Donald Trump tweeted bahwa “orang-orang hebat dari Alaska” telah “dipukul keras oleh ‘yang besar'”.

Gempa bumi berkekuatan 7,0 dan lebih tinggi dapat menyebabkan, setidaknya, kerusakan yang cukup besar dalam struktur normal dan dapat menghancurkan struktur yang dibangun dengan buruk, menurut USGS. Pejabat mendorong orang untuk menggunakan media sosial dan pesan teks untuk menghubungi orang yang dicintai karena saluran telepon mungkin kewalahan. “Tinggallah saluran telepon jika Anda bisa, kami perlu saluran telepon terbuka,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Jodie Hettrick. “Awasi satu sama lain, periksa tetangga Anda – terutama jika mereka sudah lanjut usia atau cacat.” Saat ini tidak ada laporan korban.

 

 

Polisi dan tim pemadam kebakaran berkoordinasi dengan Pasukan Negara Bagian Alaska dan Garda Nasional, menurut kepala polisi Justin Doll. Sekitar 10.000 penduduk saat ini tidak memiliki listrik dan ada beberapa laporan tentang bangunan dan jembatan yang runtuh. “Beberapa kerusakan lebih jelas; beberapa bagian dari jalan raya telah tenggelam dan benar-benar hilang,” kata Chief Doll. “Kami menilai itu – kerusakan signifikan yang mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki.”

Rekaman dan gambar yang diposting di media sosial menunjukkan produk yang tersebar di lantai supermarket dengan rak-rak runtuh dan pencahayaan rusak.

Gempa tersebut juga menyebabkan jalan pecah dan struktur lain runtuh. Warga setempat juga berbagi gambar bangunan terbakar setelahnya. ( Disadur dari https://www.bbc.com/news/world-us-canada-46403405 )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here