SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) bersiap diri menjadi agen transformasi untuk membangun sumber daya manusia (SDM).

“Saya minta kepada seluruh ASN agar segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi, menjadi agen-agen transformasi penguatan SDM kita dan juga menjadi agen-agen transformasi dalam membangun talenta anak-anak bangsa menuju pada pembangunan yang berkualitas dalam menyongsong era globalisasi dan perkembangan Ilmu tekhnologi,” pinta Bupati Mathius saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Upacara HUT Korpri ke-47 tingkat Kabupaten Jayapura, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (29/11/2018) kemarin pagi.

“Dengan peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok mampu mentransformasi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa,” lanjutnya.

Dikatakannya, mulai tahun 2019 nanti, pemerintah akan melakukan program untuk memperkuat sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintah dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua anak usia dini dan remaja, harus di tingkatkan secara signifikan.

Menurutnya, selama 47 tahun, Korpri beserta jajaran Aparatir Sipil Negara telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, bangsa dan negara. Korpri telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

“Jajaran ASN telah menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat dan menjadi motor penting dalam pembangunan nasional serta ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, atas peran serta ASN maka telah  tercapai sejumlah pembangunan. ASN ikut bekerja di semua sektor, semua level pemerintahan, dan semua wilayah dengan menjaga kualitas pelayanan publik bagi masyarakat di mana para ASN dapat mengabdikan diri sesuai dengan jabatan yang dimiliki.

“Upaya untuk memberikan yang lebih baik bagi masyarakat, bangsa dan negara harus selalu di tingkatkan. Dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman,” imbuhnya. (Irfan / Harian Pagi Papua)