Ketua DPW Partai NasDem Papua, Mathius Awoitauw dan Ketua DPP Partai NasDem Bidang Media dan Komunikasi Publik, Willy Aditia bersama dua pengurus DPP lainnya saat memberikan keterangan pers di sela-sela kegiatan Pembekalan bagi Kader Partai NasDem Caleg DPR RI, DPR Papua dan DPRD Kabupaten/Kota Dapil I, di Hotel Grand Allison Hotel, Kot Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (24/11/2018) pagi pekan kemarin. (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Guna memantapkan persiapan menuju Pesta Demokrasi tahun 2019, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Papua menggelar Pembekalan Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR-RI, DPR Papua dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I, Sabtu (24/11/2018) pagi pekan kemarin sekitar pukul 10.00 WIT.

Pembekalan yang diselenggarakn di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura ini dihadiri 129 kader Partai NasDem Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPR Papua, dan DPR Kabupaten/Kota di Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten/Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si. kepada wartawan disela-sela kegiatan Pembekalan Caleg mengatakan partai NasDem di seluruh Indonesia yang ada di berbagai tempat itu sudah jauh-jauh hari telah melakukan persiapan-persiapan pembekalan. Pihaknya sangat serius, karena Partai NasDem menargetkan harus masuk dalam tiga besar pemenang di Indonesia.

“Oleh karena itu, sebagai partai baru kita coba melakukan konsolidasi secara terus menerus jauh-jauh hari, terutama di seluruh Indonesia. Nah, kondisi kita disini kan cukup berat baik itu, geografis yang berat dan mahal. Serta para Caleg kita ini semua kan lagi pada sibuk. Jadi, untuk mengumpulkan mereka di satu-satu tempat itu tidak mudah. Sehingga kita coba melakukannya di setiap Dapil Provinsi Papua,” ujar Mathius Awoitauw.

Pembekalan kali ini bagi kader Partai NasDem Caleg di Dapil I. Sedangkan sebelumnya, pembekalan dilakukan pada Jumat (23/11/2018) di Kota Biak untuk Caleg Dapil II.

“Kita coba diskusikan langsung dengan masalah-masalah mereka di wilayahnya itu. Jadi, ini (pembekalan) sebenarnya adalah bagaimana semua Caleg dan juga kader partai untuk semua bisa membangun kerjasama atau satukan persepsi, guna target-target yang kita sudah canangkan satu tahun yang lalu. Minimal satu juta suara itu kita harus capai dalam Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden yang akan datang,” kata Mathius Awoitauw.

“Kalau untuk Dapil I itu mereka akan sampaikan target-target itu,” lanjut Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura.

Mathius Awoitauw berharap, Dapil I ini harus menjadi barometer untuk pencapaian-pencapaian target tersebut. “Kalau di Dapil I ini bisa mencapai satu juta suara, ya syukurlah. Tapi, kita berharap harus maksimal dari daerah-daerah lain,” kata Mathius Awoitauw.

Menurut dia, motivasi penting untuk mewujudkan cita-cita Partai NasDem menjadi tiga besar pemenang di Indonesia dan bisa meraih satu juta suara di Provinsi Papua pada Pemilu 2019 nanti.

Ia mengakui, saat ini partai juga sudah banyak, sehingga semua partai juga punya kiat-kiat tersendiri.

“Oleh karena itu, kita harus bicara lebih serius dan ini semua dibantu juga dengan teman-teman dari DPP. Yakni, ada Ketua DPP, kemudian ada Wasekjen maupun teman-teman lain di DPP bisa membantu guna melihat bagaimana kekuatan kita di Papua, untuk target-target yang sudah kita canangkan tersebut,” akunya.

“Seperti di DPR Papua itu kalau bisa diatas 10 kursi, untuk di DPR RI kita target 4, dan untuk DPRD Kabupaten/Kota itu kalau bisa kita semua harus pegang palu sebagai Ketua DPR, atau kalau bisa 70 persen itu lebih bagus lagi,” tambah Mathius Awoitauw.

Mathius Awoitauw menyampaikan, Partai NasDem di Papua optimis meraih suara banyak pada Pemilu 2019 mendatang. “Pastilah kita optimis, sekarang aja kita sudah banyak ini sekitar 60 lebih. Itu baru kita menjadi satu-satunya peserta terbaru pada Pemilu 2014 lalu. Walaupun saat itu kita belum punya apa-apa juga, apalagi sekarang sudah punya kekuatan-kekuatan lain yang luar biasa,” katanya.

Kegiatan pembekalan bagi Caleg ini juga dihadiri Willy Aditia selaku Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik sebagai pembicara.

Willy Aditia mengatakan kegiatan pembekalan bagi Caleg ini pihaknya lakukan di seluruh provinsi se-Indonesia. Di beberapa provinsi itu dilakukan per daerah pemilihan (Dapil) seperti yang dilakukan kali ini di Provinsi Papua yakni, dilakukan di setiap Dapil provinsi. Hal itu bertujuan untuk memastikan kesiapan caleg dan juga infrastruktur partai guna mencapai target dari Partai NasDem.

“Dalam hal ini target DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu harus benar-benar tidak hanya berdiri diatas ruang yang hampa dan ini benar-benar harus detail. Nah dalam forum inilah, kemudian DPP atau DPW nanti melakukan proses pengecekan itu melalui mekanisme survei,” ungkapnya.

“Jadi, kami memiliki instrumen itu bernama survei Dapil, untuk mengukur sejauh mana efektivitas dari Caleg-caleg ini sudah bekerja, sejauh apa mesin partai bekerja dan sejauh mana kompetitor-kompetitor kita melakukan kiat-kiatnya,” lanjut Willy Aditia yang Ketua Bappilu DPP Partai NasDem.

Ketika ditanya target Partai NasDem di Papua, Willy mengatakan, bahwa target secara nasional itu telah ditetapkan oleh Ketua Umum untuk masuk ketiga besar dan di Papua ini diharapkan oleh pihaknya menjadi daerah basis dari Partai NasDem. Disini banyak kepala daerah, banyak modal politik dan sosial yang sudah ditanam. Kemudian kekuatan selanjutnya adalah kekuatan figur dari Caleg-caleg itu sendiri menjadi modal yang sangat kuat.

Dukungan dari DPP, kata Willy, Partai NasDem tidak memungut seperak pun dari Caleg, inikan partai tanpa mahar.

“Kemudian DPP juga menfasilitasi setiap caleg dengan atribut seperti bendera, kaos dan stiker pada saat kami melakukan pembekalan di DPP. Jadi, semua caleg mendapatkan bekal berupa atribut untuk berperang dan selanjutnya kita berikan iklan kepada setiap caleg berupa mengkampanyekan kapasitas selaku individu-individu dengan tidak menampilkan logo partai, nomor partai maupun nomor caleg. Serta infrastruktur partai seperti saksi itu menjadi domain partai,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Papua H. Sulaeman L. Hamzah, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro serta seluruh Caleg DPR RI, DPR Papua dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Dapil I. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here