JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Peringatan HUT ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) di Provinsi Papua manjadi momen guna mengokohkan dan tidak memecah belah persatuan guru demi kepentingan organisasi lain.

“PGRI merupakan satu organisasi yang telah di sahkan oleh Pemerintah indonesia untuk itu guru tidak boleh di kotak-kotakan, tidak boleh di sekat atas kepentingan kelompok politik, ras, agama ataupun organisasi lain,” kata ketua PGRI Provinsi Papua, DR. Nomensen Stevan Mambraku,  saat menyampaikan sambutan di Auditorium Uncen, Senin (26/11/2018)

Lanjut Nomensen, saat ini di lingkungan sekolah-sekolah tertentu baik di Pemerintah Kabupaten maupun Kota telah terjadi dan sedang terjadi, itu yang tidak kondusif sehingga seakan-akan ada dua organisasi PGRI dalam satu sekolah.

“Semua guru di indonesia hanya bernaung dalam satu organisasi saja yaitu PGRI, maka sebaiknya kita bersama memberikan dukungan dan mengokohkan PGRI khusunya di Papua,” harapnya.

Pihaknya bersama Ketua DPR Kota Jayapura,  Abisai Rollo, berjanji akan mengontrak sekitar 3000 rumah untuk para guru di Kota Jayapura.

“Sekarang dalam proses negosiasi DP dengan para developer, saya yakin akan mendapat dukungan dari DPR kota karena ini bicara soal anak mencintai negeri sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano. MM., yang di sampaikan oleh Plt. Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey, mengatakan pendidikan merupakan pusat perubahan, peradaban manusia bahkan dunia yang semakin maju hanya karena pendidikan.

“Pendidikan diberi peran yang sangat penting dalam menentukan perubahan, perkembangan sebuah bangsa dan khususnya masyarakat Papua terlebih khusus di kota jayapura,”pungkasnya.

Pihaknya menambahkan,  Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura terus memberikan pehatian yang serius dan sungguh sungguh dalam mendukung kemajuan pendidikan di Kota.

“Sehingga Kota Jayapura menjadi barometer pendidikan di tanah Papua,” tutupnya

Atas nama Pemkot Jayapura menyampaikan selamat atas hari guru dan HUT PGRI yang ke-73 bagi dunia pendidikan khususnya di Kota Jayapura.

Peringatan HUT ke -73 PGRI dan HGN yang mengusung tema Mewujudkan guru sebagai penggerak perubahan menuju indonesia cerdas berkarakter dalam rovolusi indonesia 4.0 dihadiri oleh ketua PGRI Provinsi Papua, DR. Nomensen St Mambraku, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe S.IP., MH., yang diwakili Sekda Papua, Hery Dosinaen S.IP, M.KP., M.si., Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano MM., yang diwakili Plt. Sekda Kota Jayapura, DR. Frans Pekey M.Si., dan juga hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura serta para guru serta pengurus PGRI Kota Jayapura, DR. Roberth. J. Betaubun S.Pd, MM. (Ardiles / lintaspapua.com )