Pemkot Jayapura Gelar Rakornis Wujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas

0
423
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., saat membuka acara Rakornis di hotel Le Premiere Jumat (23/11/2018). (Ardiles / lintaspapua.com )

JAYAPURA  ( LINTAS PAPUA) –  Menjelang Pemilu serentak tahun 2019, Pemerintah kota Jayapura menggelar Rapat Koordinasi Teknis ( Rakornis) di Hotel Le Premiere, Entrop Distrik Jayapura selatan Jumat, (23/11/2018). Dalam rangka untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu di Kota Jayapura yang damai, jujur, adil dan berintegritas.

 

Adapun tema pada kegiatan ini yakni melalui Rakornis persiapan pemilu serentak tahun 2019, yang meningkatnya partisipasi pemilih dan DPT yang representatif dan akuntabel, guna terwujudnya pemilu yang jujur, adil, damai dan berintegritas.

 

Ikut hadir  sebagai Narasumber dalam Rakornis ini yakni Walikota Jayapura yang di wakili oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru,  MM.,  Komisi A DPRD Kota Jayapura, Kadis  Dukcapil, KPU Kota Jayapura dan Bawaslu Kota Jayapura.

 

Agus Sunarko selaku penanggung jawab panitia Rakornis, menyampaikan, bahwa  maksud dan tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan partisipasi pemilih serentak tahun 2019 mendatang serta tersedianya daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT HP) yang representative juga upaya pencegahan dini timbulnya konflik sosial.

 

“Bertolak dari pemilihan kepala daerah walikota dan wakil walikota tahun 2017, partisipasi pemilih hanya 43,99 persen dari jumlah DPT sebesar 308.775 pemilih atau sebanyak 140.369 yang menyalurkan hak politiknya,” kata Agus Sunarko

 

Lanjut Agus dalam pemilihan umum gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua tahun 2018, partisipasi pemilih hanya 47,35 persen dari jumlah DPT sebesar 297.601 lebih banyak 140.925 pemilih yang menyalurkan hak poltiknya.

 

“Ini menunjukan tingkat keberhasilan yang diharapkan tidak sebanding dengan tenaga dan biaya yang sangat besar di keluarkan dalam membiayai pemilihan umum,” jelasnya.

 

Wakil Wali Kota Jayapura,  Ir. H. Rustan Saru, MM.,  saat menyampaikan sambutan Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano MM., mengatakan bahwa  Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura akan terus bersinergi mewujudkan pelaksanaan pemilu yang damai, jujur adil dan berintregitas.

 

“Guna mensukseskan hal ini tentu bukan tugas pemkot jayapura dan instansi terkait namun tentu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung pada pemilu mendatang,” kata Rustan

 

Pada hakekatnya sambung Rustan, pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat dalam menghasilkan pemerintahan yang berdemokratis.

 

Untuk itu dengan adanya pertemuan lewat acara rapat kordinasi ini, guna membahas persiapan pemilu serentak tahun 2019.

 

“Dengan harapan agar pemilu nantinya dapat berjalan dengan aman dan lancar, juga mengetahui sejauh mana penyelenggara pemilu dalam melaksanakan pencermatan DPT hasil perbaikan, serta juga perumusan otonomi khusus dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilu,”

 

Pihaknya menambahkan,  akhir dari Rakornis ini memperoleh satu komitmen bersama yaitu pemilihan pemilu di kota Jayapura yang aman damai, jujur dan berintegritas.  (Ardiles  / lintaspapua.com )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here