JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua menyatakan siap membantu pemerintah provinsi untuk merekrut ribuan relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

Tak sampai disitu, organisasi kepemudaan KNPI juga ingin memprioritaskan perekrutan kepada putra dan putri asli Papua untuk ditempatkan di lima klaster tempat penyelenggaraan PON.

“Jika berkenan kami siap membantu pemerintah provinsi merekrut 9000 tenaga relawan guna mensukseskan penyelenggaraan PON XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih. Sebab PON XX merupakan momentum bersejarah yang perlu ada keterlibatan pemuda Papua. Dalam artian, pemuda  Papua harus ikut berpartisipasi guna mensukseskan penyelenggaraannya,” terang Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Albertho G. Wanimbo, di Jayapura, kemarin.

Dia menilai saat ini pemuda Papua sudah siap untuk bersaing dengan daerah lainnya. Sehingga melalui momentum PON, diharapkan dapat menjadi agen perubahan pada segala bidang yang bakal mengawal semua program serta kebijakan pemerintah provinsi menuju suatu keberhasilan pembangunan.

“Sebab pemuda Papua saya nilai memiliki banyak potensi, hanya saja tidak banyak cukup ruang yang tersedia untuk memberdayakannya. Sehingga dengan adanya PON saya yakin dapat menjadi ajang bagi pemuda untuk menggali potensi diri”.

 

“Contohnya dalam seni ukir dan lukis, potensi dan keterampilan yang dimiliki para pemuda Papua dapat direalisasikan menjadi cenderamata atau suvenir PON. Supaya bisa meningkatkan ekonominya,”ucap dia.

Sementara Gubernur Papua, Lukas Enembe mengapresiasi kenginan KNPI untuk terlibat dalam perekrutan relawan PON XX 2020. Sebab dirinya pun sangat mengharapkan para pemuda bumi cenderawasih dapat ikut terlibat dalam pelaksanaan PON XX 2020.

Oleh sebab itu, dalam menyambut PON dirinya mengimbau pemuda KNPI Papua dapat benr-benar menyiapkan dengan baik perekrutan peuda yang akan terlibat dalam iven olahraga nasional tersebut. (Koran Harian Pagi Papua)